Menjajal Kecepatan Kamera Sony Xperia Z5

Berdasarkan pengujian DxOMark, kamera smartphone paling canggih saat ini tak lain adalah kamera milik Sony Xperia Z5 series. Kamera 23 MP dengan sensor Exmor RS milik Sony Xperia Z5, Xperia Z5 Compact, dan Xperia Z5 Premium dinilai mampu mengungguli kamera Samsung Galaxy S6 series, LG G4, hingga Apple iPhone 6s.

Salah satu keunggulan kamera Sony Xperia Z5 series adalah kemampuannya dalam mengunci fokus dan menjepret gambar. Sony mengklaim kamera tersebut memiliki rata-rata kecepatan 0,03 detik, merupakan salah satu yang tercepat di dunia saat ini. Penasaran dengan klaim ini, kami pun penasaran menjajal kecepatan kameranya menggunakan Sony Xperia Z5 Compact. Berikut hasilnya!

Sentuh layar untuk langsung memotret

kamera-z5-droidlime-10

Pada Sony Xperia Z5 series, Anda bisa mengatur bagaimana cara untuk mengambil gambar. Secara default, menyentuh layar bisa dilakukan untuk memilih dan menentukan fokus objek, setelahnya Anda bisa memotret menggunakan tombol shutter di layar maupun tombol fisik.

Namun jika ingin memotret dengan cepat tanpa kehilangan momen, Anda bisa mengubah konfigurasinya. Pada menu setting di dalam aplikasi kamera, cari dan aktifkan mode “Touch Capture “. Dengan begitu, kini Anda bisa langsung memilih fokus objek sekaligus memotret cepat hanya dengan menyentuh layar smartphone.

Lebih cepat dari kedipan mata?

Apa benar kecepatan shutter kamera Sony Xperia Z5 series lebih cepat dari kedipan mata? Anda bisa melihat dan menilainya dari foto-foto yang kami ambil berikut ini. Foto-foto di bawah ini kami ambil sembari menumpang kendaraan bermotor dengan kecepatan rata-rata 35 km/jam.

Dari foto di bawah ini, dapat disimpulkan bahwa kecepatan kamera Sony Xperia Z5 series memang tak mengecewakan. Kendaraan (termasuk kereta) yang berjalan cukup cepat bisa diabadikan dengan baik seolah sedang diam. Namun kecepatan kameranya bakal jauh berkurang ketika memotret kondisi kurang cahaya.

kamera z5 droidlime 05

Lemah di pengaturan manual

Meski sensor dan resolusi kamera Sony Xperia Z5 series sudah ditingkatkan dari seri-seri sebelumnya, kami masih mendapati mode manual yang disediakan kurang memuaskan. Sony tidak menyediakan pengaturan manual fokus, sehingga terasa kurang maksimal. Bisa disimpulkan, kamera Sony Xperia Z5 series cocok untuk Anda yang ingin praktis dalam penggunaan harian, alias tinggal jepret. Sementara yang hobi memotret dengan selective focus atau mode bokeh bakal cukup kesulitan.

kamera-z5-droidlime-12

Mengesankan namun bukan yang terbaik

Setelah mencobanya untuk memotret dengan berbagai kondisi menggunakan mode Manual dan Superior Auto, dapat disimpulkan kamera Sony Xperia Z5 dapat diandalkan untuk memotret harian. Anda tak perlu melakukan banyak pengaturan, mode Superior Auto dapat menyajikan konfigurasi terbaik. Kualitas jepretannya tajam dengan warna akurat. Sementara memotret di malam hari pun masih terlihat cukup baik meski tidak sempurna.

kamera-z5-droidlime-13

Bagi Anda traveler, citizen journalist, atau pun yang gemar dan sering memotret untuk menangkap momen dengan cepat, kamera milik Sony Xperia Z5 series dapat diandalkan. Namun bagi Anda yang hobi memotret mainan, makanan, atau benda mati lainnya dengan seni tertentu seperti efek makro atau bokeh, harus kami akui, kamera Sony Xperia Z5 masih harus mengakui keunggulan kamera LG G4 dan Samsung Galaxy S6 series.

Disclaimer: hasil foto di atas kami ambil menggunakan mode Manual dan Superior Auto untuk merefleksikan penggunaan harian yang biasanya lebih banyak dilakukan menggunakan kedua mode tersebut.

(last edit: 19 November, 2015 / 8:40 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
80%
Mau
11%
Biasa Aja
7%
Payah!
5%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Samsung Galaxy S8 dan Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.