Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX502
Tech News

Mengintip Transformasi Xiaomi Mi MIX Series

Hingga saat ini Xiaomi telah menciptakan empat smartphone yang masuk ke dalam lini Mi MIX Series. Terakhir adalah Mi MIX 3 yang punya desain menarik dan juga dukungan hardware powerfull.

Updated

Salah satu seri yang berhasil membawa Xiaomi ke titik kesuksesan adalah seri Mi MIX. Desain yang tak lazim serta lain dari pada yang lain jadi faktor utama mengapa seri smartphone ini berhasil menggaet banyak perhatian para pecinta gadget di banyak negara, termasuk di Indonesia.

Seri Mi MIX sendiri mulai diperkenalkan pertama kali pada tahun 2016 lalu dan seketika smartphone tersebut langsung tenar di pasaran. Di rasa sukses, Xiaomi pun akhirnya merilis Mi MIX generasi kedua dengan beberapa peningkatan tentunya.

Amunisi utama dari Mi MIX yang dibuat oleh Xiaomi adalah dukungan layar super lega. Xiaomi pun terus memperbarui fitur yang ditawarkan. Hingga di tahun ini, pabrikan smartphone yang dinakhodai Lei Jun tersebut telah menelurkan Mi MIX 3.

Walau masih seumur jagung, menarik rasanya melihat transformasi Xiaomi Mi MIX mulai dari kemunculannya pertama kali hingga seri terbaru yang muncul di tahun ini. Oleh karena itu, mari kita lihat transformasinya bersama-sama.

Xiaomi Mi MIX

Sebelum layar minim bezel populer seperti sekarang ini, Xiaomi telah mendadani Mi MIX generasi pertama dengan konsep seperti itu. Memang harus diakui, smartphone yang lahir di tahun 2016 ini dagunya masih terlihat lebar.

Mi MIX generasi pertama datang dengan layar berukuran 6,4 inci dan memiliki rasio screen-to-body mencapai 93,1 persen. Bisa dibilang, bagian depannya memang benar-benar hampir didominasi oleh layar kaca. Tidak ada tombol fisik Home dan navigasi lainnya.

Punya dagu lebar, Xiaomi memanfaatkannya untuk meletakkan kamera depan. Ya! Punya letak kamera depan yang tidak umum (aneh), mengharuskan pengguna untuk membalik smartphone ketika akan mengambil foto selfie secara normal. Bisa dibilang, inilah salah satu kekurangannya.

Diposisikan sebagai smartphone premium, Xiaomi meracik Mi MIX genreasi pertama dengan balutan bahan keramik yang mengkilap. Tak hanya punya desain keren, Xiaomi juga memuat dukungan hardware yang tidak bisa dianggap sebelah mata.

Mi MIX Generasi pertama datang dengan chipset Snapdragon 821 yang disokong pilihan RAM 4 GB atau 6 GB dan pilihan internal storage 128 GB atau 256 GB. Tak main-main, kapasitas catu daya yang ditanam ke dalam smartphone ini juga terbilang besar, yakni 4.400 mAh dan sudah dilengkapi fast charging.

Bergeser ke sektor fotografi, seri pertama Mi MIX ini hanya dibekali dengan kamera tunggal di bagian belakang yang memiliki resolusi 16 MP. Sementara itu, untuk kamera depannya, Xiaomi melengkapi smartphone ini dengan lensa 5 MP.

Xiaomi Mi MIX 2

Selang setahun dari kehadiran Mi MIX pertama, Xiaomi meluncurkan Mi MIX generasi kedua. Pastinya smartphone ini datang dengan segudang pembaruan, baik di sektor hardware maupun sektor software. Lantas pembaharuan apa saja yang dihadirkan?

Jika dilihat sekilas, perawakan Mi Mix 2 masih identik dengan Mi Mix generasi pertama. Namun sebenarnya, Xiaomi telah menggandeng desainer ternama asal Perancis, Philippe Starck untuk memberikan sentuhan yang berbeda.

Perbedaan mencolok antara Mi MIX generasi pertama dan Mi MIX 2 terletak ukuran layarnya. Mi MIX 2 datang dengan layar 6 inci FullHD+ dan sudah punya aspek rasio 18:9. Bezel kiri, kanan dan atas sangat tipis. Bagian dagunya pun dirombak sehingga 12% lebih tipis daripada Mi MIX generasi pertama.

Masih sama seperti Mi MIX generasi pertama, Mi MIX 2 pun dikemas oleh Xiaomi dengan balutan keramik kaca yang membuatnya tampak premium. Pembaruan lainnya tentu saja dari sektor chipset yang dibenamkan. Mi MIX 2 datang dengan chipset Snapdragon 835.

Tak ketinggalan, chipset yang terpasang juga sudah dipasangkan dengan RAM 6 GB dan 8 GB serta pilihan internal storage berkapasitas 64 GB/128 GB dan 256 GB. Sayangnya, kapasitas baterai yang ditanam ke dalam smartphone ini diturunkan, yakni menjadi 3.400 mAh.

Sama seperti Mi MIX generasi pertama, Mi MIX 2 hanya punya kamera utama tunggal 12 MP. Artinya, ada penuruan resolusi jika dibandingkan dengan Mi MIX sebelumnya. Namun, Xiaomi telah melengkapi kameranya ini dengan fitur 4-axis OIS. Sedangkan kamera depannya tidak ada perubahan.

Xiaomi Mi Mix 2s

Masih di tahun yang sama, yakni di tahun 2017, Xiaomi juga merilis Mi MIX 2s. Embel-embel “s” yang ada pada Mi MIX 2s sepertinya merujuk pada kata speed alias kecepatan. Ya! Hal ini pun dibuktikan dari chipset yang disematkan, yakni sudah menggunakan Snapdragon 845.

Guna mendukung kinerja chipset yang dibenamkan, Xiaomi juga menawarkan pilihan RAM yang tak kalah mengejutkan, yakni 6 GB dan 8 GB. Selain itu, ada tiga opsi internal storage yang juga ditawarkan, yakni 64 GB, 128 GB dan 256 GB. Sementara, untuk baterainya berkapasitas 3.400 mAh.

Xiaomi pun mengemas desain Mi MIX 2s tidak jauh berbeda dengan Mi MIX 2. Ya! Smartphone ini pun datang dengan layar berukuran 6 inci dan memiliki resolusi FullHD+. Aspek rasionya juga sudah lebih kekinian, yakni 18:9 serta dagu bagian bawah yang masih jadi wadah untuk menempatkan kamera depan.

Jika kamera depannya masih dipertahakan, yakni dengan resolusi 5 MP, berbeda dengan dukungan kamera utama yang diletakkan di panel bagian belakang. Ya! Mi MIX 2s datang dengan kamera belakang ganda yang memiliki konfigurasi 12 MP (RGB) + 12 MP (Telefoto).

Xiaomi Mi Mix 3

Nah! Pada kuartal ketiga tahun ini, Xiaomi kembali melengkapi fortopolio Mi MIX Series dengan menghadirkan Mi MIX 3. Satu hal yang menarik, Mi MIX 3 datang dengan perombakan desain yang terbilang sangat signifikan.

Pada bagian depan, kita akan menemui layar Super AMOLED 6,4 inci FullHD+. Smartphone ini pun datang mengusung konsep Super FullView dengan bezel yang sangat tipis di semua sisi layar tanpa keberadaan notch alias poni.

Seperti Mi MIX Series sebelumnya, Mi MIX 3 juga tidak dilengkapi tombol fisik Home atau pun navigasi lainnya. Bahkan, keberadaan kamera depan disembunyikan. Ya! Mi MIX 3 menyajikan konsep slider untuk menampilkan kamera depannya. Hanya saja, sistem slider Mi MIX 3 berbeda dengan punya OPPO Find X.

Sistem slider Mi MIX 3 bekerja secara manual layaknya ponsel Nokia lawas. Kesan futuristik juga menjadi aura yang menempel ke dalam smartphone ini. Untuk jeroannya, Xiaomi masih melengkapi Mi MIX 3 dengan chipset unggulan milik Qualcomm, yakni Snapdragon 845.

Ada tiga opsi RAM yang diatwarkan, yakni 6 GB, 8 GB dan 10 GB. Sementara itu, pilihan internal storagenya hanya ada dua, 128 GB atau 256 GB. Sayangnya, lagi dan lagi, baterai yang dibenamkan ke dalam Mi MIX 3 mengalami penurunan kapasitas, yakni hanya 3.200 mAh.

Salah satu kekuatan terbesar smartphone ini terletak pada sektor kameranya. Ya! Mi MIX 3 datang dengan dukungan empat kamera, dimana dua kamera bercokol di bagian belakang dan dua kamera berfungsi untuk memanjakan para penyuka foto selfie.

Dual-camera belakang yang disematkan memiliki konfigurasi 12 MP dengan lensa wide-angle + 12 MP dengan lensa telefoto. Tak ketinggalan, Xiaomi juga melengkapinya dengan segudang teknologi AI serta fitur Night Sight Mode untuk memotret di lingkungan minim cahaya.

Sedangkan untuk memanjakan pecinta foto selfie, konfigurasi lensa yang dibenamkan adalah 24 MP + 2 MP. Xiaomi pun saat pertama kali memperkenalkan smartphone ini sesumbar bahwa kamera depan Mi MIX 3 mampu memproduksi foto selfie yang lebih berkualitas.

ROG_Zephyrus_S_GX502
Comments

Populer