Mengenal Wujud Asli Cortana dan Siri

Hanya ada tiga "asisten pribadi" digital yang paling pintar saat ini: Google Now, Siri, dan Cortana. Berbeda dari Google Now yang hanya bisa mendengar dan tidak bisa berbicara, Siri dan Cortana terasa lebih pintar karena bisa diajak mengobrol sehingga terkesan lebih interaktif. Melalui artikel ini, kami mengajak Anda untuk mengenal siapa wanita pintar pengisi suara di balik Siri dan Cortana.

Jennifer Lee Taylor a.k.a Cortana

jen-taylor-cortana

Pada awalnya, Cortana hadir eksklusif untuk perangkat Windows Phone saja. Cortana bisa ditemukan di smartphone berbasis Windows Phone 8.1 dan sangat bermanfaat untuk membantu penggunanya mengetahui beragam informasi maupun menjalankan aplikasi yang ada pada smartphone. Di balik kepintaran Cortana, ada seorang wanita pengisi suara yang ternyata belum banyak diketahui. Siapa dia?

Namanya Jennifer Lee Taylor, atau biasa disapa Jen Taylor, seorang spesialis pengisi suara berkebangsaan Amerika Serikat berusia 42 tahun. Pada awalnya, ia adalah pengisi suara untuk karakter di dalam game maupun serial TV seperti Left 4 Dead, Halo, Princess Peach, Dota 2, dan lainnya. Kinerjanya yang memuaskan saat menjadi pengisi suara di game Halo besutan Microsoft membuat jasanya kembali dipakai untuk mengerjakan proyek Cortana.

Kini Cortana tidak hanya eksklusif untuk Windows Phone 8.1 saja. Microsoft turut membawanya untuk perangkat Xbox One dan PC berbasis Windows 10. Yang lebih menarik, Cortana juga bakal hadir untuk perangkat Android dan iOS dalam waktu dekat.

Susan Bennett a.k.a Siri

susan-bennett-siri

Serupa dengan Cortana, ada seorang wanita cerdas di balik Siri. Namanya Susan Bennett dan ia sudah memulai proses pengisian suara untuk Siri sejak tahun 2005! Bahkan saat itu ia belum sepenuhnya memahami untuk apa proses perekaman suara yang dilakukannya dan bakal seperti apa jadinya.

Sebelumnya, Susan sudah lebih dulu mengisi suara untuk berbagai fasilitas umum. Suaranya tidak asing didengar di mesin ATM, bandara, dan iklan televisi beberapa merek ternama seperti Coca-Cola dan McDonald. Kini, suaranya begitu familiar bagi para pengguna perangkat iOS. Apple terus mengembangkan Siri agar lebih cerdas dan semakin bermanfaat bagi para penggunanya. Penasaran seperti apa proses perekaman suara yang dilakukannya untuk proyek Siri? Berikut videonya!

(last edit: 16 August, 2015 / 10:34 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
69%
Mau
8%
Biasa Aja
15%
Payah!
8%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.