Menerima Pesan Ribuan Emoji Bisa Bikin WhatsApp Error!

Saat ini, khususnya di Indonesia, WhatsApp menjadi aplikasi chat paling favorit dengan jumlah pengguna melebih BlackBerry Messenger. WhatsApp menawarkan performa cepat, kemampuan mengirim gambar dan suara, mendukung fungsi telepon, dan tentunya menyediakan ragam emoji.

Tapi tahukah Anda bahwa mengirim pesan berupa ribuan emoji dapat menyebabkan aplikasi chat milik Facebook ini hang dan berhenti bekerja. Seorang peneliti keamanan bernama Indrajeet Bhuyan baru-baru ini menemukan celah kelemahan tersebut.

Aplikasi WhatsApp secara otomatis akan error dan tertutup apabila seseorang mengirimkan setidaknya sebanyak 5.000 emoji menggunakan aplikasi WhatsApp for web kepada pengguna WhatsApp di smartphone. Kalau sudah begini, cara mengatasinya yakni dengan membuka ulang WhatsApp dan menghapus seluruh history chat.

Namun kelemahan ini hanya terjadi pada WhatsApp mobile untuk sistem operasi Android. Sementara WhatsApp untuk iOS tetap bisa berjalan normal meski menerima hingga 5.000 emoji sekaligus. Sekadar informasi, WhatsApp sendiri bisa digunakan untuk mengirim pesan hingga 6.000 karakter.

(last edit: 11 January, 2016 / 8:45 am)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
50%
Mau
25%
Biasa Aja
13%
Payah!
13%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.