Connect with us
ROG GL504
MWC 2018
Tech News

Melenggang di MWC, Helio P60 Tawarkan Artificial Intelligent

Published
MediaTek Helio P60
Advertisement

Mengambil momen kemeriahan MWC 2018 di Barcelona, MediaTek kembali memperkenalkan satu chipset mobile buatannya yang terbaru, Helio P60. Ditempatkan sebagai chipset kelas menengah, Helio P60 sudah disokong dengan artificial intelligent alias AI.

Dukungan artificial intelligent atau kecerdasan buatan yang ada di dalam chipset ini oleh MediaTek diberi nama NeuroPilot. P60 dibangun oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company atau TSMC melalui proses pabrikasi 12nm FF.

Chipset mobile ini sendiri memiliki empat inti Cortex-A73 yang memiliki clockspeed 2,0 GHz dan empat inti Cortex-A53 yang juga memiliki clock speed 2,0 GHz. MediaTek menjanjikan bahwa performa Helio P60 bisa mencapai 70 persen lebih baik dibandingkan Helio P30.

MediaTek Helio P60 Infografis

Performa GPU pun sama, yakni 70 persen lebih cepat dari pendahulunya. Hal ini berkat dukungan Mali-G72MP3 yang disematkan. Sedangkan NeuroPilot akan menangani tugas AI melalui standar Android Neural Networks API dengan kinerja yang juga diklaim sebagai “kelas terdepan”.

MediaTek Helio P60 juga memiliki tiga ISP yang bisa menangani kerja dual-camera dan daya yang digunakan juga lebih kecil,m. Dikombinasikan dengan dengan AI accelerator, aplikasi kamera juga dapat melakukan penyempurnaan dan overlay secara real-time.

Berkat proses fabrikasi 12nm, Helio P60 adalah chipset P-series besutan MediaTek yang paling efisien. Dibandingkan dengan P23, rata-rata menggunakan daya 12 persen lebih kecil.

Chipset ini mendukung layar dengan resolusi 1.080p dengan aspek rasio hingga 20:9. Untuk memori, bisa menggunakan penyimpanan UFS 2.1 dan RAM 8 GB LPDDR4x (1.800MHz). Modem on-board LTE sudah mendukung Cat. 7 (downlink) dan Cat. 13 (upload) dan fungsionalitas dual-SIM.

Baca juga

Lantas kapan chipset ini mulai tersedia di pasaran? Seperti dikutip dari GSMArena, MediaTek menegaskan bahwa Helio P60 baru akan tersedia secara global di awal Q2 tahun ini. Jadi, kita tunggu saja, kira-kira pabrikan smartphone mana saja yang siap mengadopsi chipset ini.

Comments

Wajib baca

Populer