Connect with us
ROG GL504
Tech News

MediaTek Mulai Kembangkan Prosesor 12-core

Published
unnamed
Vivo V11 Pro

MediaTek merupakan salah satu pengembang prosesor yang cukup terkenal, selain Qualcomm dan Samsung. Prosesor yang dikembangkan MediaTek bisa dibilang medioker yang digunakan di berbagai kelas, mulai dari bawah, menengah, hingga atas. Setelah MediaTek Helio X30 yang menggunakan teknologi proses 10 nm, kini giliran bocoran informasi baru mengenai prosesor MediaTek yang dibuat menggunakan teknologi proses 7 nm.

Nantinya MediaTek dan TSMC berencana untuk memulai uji coba produksi prosesor baru 7 nm dengan 12 inti core. Hal ini menarik karena dengan 12 core, MediaTek harus memikirkan efisiensi baterai yang hemat dan performa yang tinggi sekaligus. Hal ini pernah terjadi pada Qualcomm terdahulu, dimana gagal menciptakan Qualcomm Snapdragon 810 dengan 8-core sehingga memutuskan tetap memberikan 4-core pada Qualcomm Snapdragon 820 dan 821.

Namun pada tahun 2017 ini Qualcomm juga mencoba menciptakan kembali prosesor octa-core lewat Snapdragon 835 yang berteknologi proses 10 nm dengan bantuan Samsung. Kembali pada prosesor MediaTek 7 nm, nantinya TSMC akan memulai produksi uji cobanya pada pertengahan tahun 2017 dan memulai produksi massal pada tahun 2018.

Sementara itu, Samsung juga merencakan produksi prosesor dengan teknologi proses 7 nm di waktu yang sama. Tak mau kalah, TSMC juga mengungkapkan bahwa akan mencoba untuk bisa melakukan produksi uji coba dalam pembuatan prosesor berteknologi proses 5 nm pada tahun 2019. Tentu saja dengan teknologi seperti ini maka prosesor akan semakin efisien dalam mengonsumsi baterai dan memiliki performa yang jauh lebih bertenaga.

Comments

Wajib baca

Populer