MediaTek Luncurkan Helio P40, Siap Bertarung Pada Tahun Depan

Seperti kita ketahui bersama, MediaTek merupakan salah satu produsen chipset yang memasarkan beberapa seri produk buatannya dengan harga terjangkau. Kita pun sering mendengar, beberapa chipset buatannya selalu menempel pada smartphone yang dipasarkan di kelas menengah.

Sayangnya, chipset racikan MediaTek yang digadang-gadang masuk ke dalam jajaran kelas atas masih jarang dimanfaatkan oleh produsen yang mampu memproduksi smartphone flagship, seperti Samsung, LG dan beberapa produsen lainnya.

Kabar teranyar, MediaTek belum lama ini telah meluncurkan chipset terbarunya, MediaTek Helio P40. Chipset ini sengaja dihadirkan untuk bersaing di tahun depan. Perkiraan harganya pun terbilang murah, yakni dibanderol sekitar US$ 11 hingga US$ 12.

MediaTek Helio 40 Tabel

Tak sedikit analis yang menduga, chipset MediaTek Helio P40 ini memiliki kemampuan setara dengan Snapdragon 660 racikan Qualcomm. Sedikit informasi untuk kalian, Snapdragon 660 sendiri dipasarkan oleh Qualcomm dengan harga US$ 15.

Akibat harga Helio P40 yang dipasarkan lebih murah, hal ini juga diperkirakan membuat market share MediaTek ikut melonjak. Tercatat, market share MediaTek tahun ini diperkirakan ada diangka 15% dan akan melonjak menjadi 25% di tahun depan.

Lalu, sudah adakah produsen smartphone yang akan memakai Helio P40? Terkait dengan hal ini, MediaTek pun sudah sesumbar bahwa chipset tersebut akan diadopsi oleh OPPO, Meizu dan Xiaomi. Helio P40 sendiri akan dibangun dengan teknologi proses 12 nm lewat manufaktur TSMC.

Sementara itu, bocoran lainnya menyebutkan bahwa Qualcomm sendiri akan meluncurkan chipset kelas menengahnya, yakni Snapdragon 670. Menariknya, chipset ini akan dibangun menggunakan teknologi proses 10 nm.

Melihat hal itu, tentu saja kompetisi di industri chipset untuk perangkat mobile semakin menarik untuk kita simak. Tahun 2017 sendiri masih menyisakan 2,5 bulan dan tentunya di tahun 2018 nanti beberapa pemain di industri ini juga tak mau kalah gesit dengan MediaTek dan Qualcomm.

(last edit: 16 October, 2017 / 10:42 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
73%
Mau
7%
Biasa Aja
4%
Payah!
20%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.