Connect with us
Tech News

MediaTek Sedang Garap Chipset Penerus Helio P60

MediaTek dilaporkan sedang menggarap chipset penerus Helio P60. Disebut-sebut ada dua chipset yang saat ini sedang mereka kerjakan, yakni Helio P80 dan Helio P90.

Updated

MediaTek Helio P60 saat ini jadi salah satu chipset yang cukup mengejutkan dan banyak diadopsi oleh sejumlah pabrikan smartphone. Chipset ini hadir dengan dukungan CPU yang relatif bertenaga dan di dalamnya memuat teknologi artificial intelligence alias AI.

Kini, MediaTek telah bersiap-siap untuk loncat ke seri berikutnya dan kemungkinan akan ada dua chipset sekaligus yang diperkenalkan. Seperti diungkap Roland Quandt via Twitter, MediaTek saat ini sedang menggarap Helio P80 dan Helio P90.

Bahkan Roland juga berkicau bahwa OPPO adalah salah satu pabrikan smartphone pertama yang bakal mengadopsi diantaranya kedua chipset tersebut. Seperti yang kita ketahui, OPPO saat ini adalah salah satu pabrikan smartphone yang sudah menggunakan MediaTek Helio P60 untuk beberapa perangkatnya.

Lantas, peningkatan apa saja yang akan dilakukan oleh MediaTek sehingga Helio P80 dan Helio P90 nantinya juga akan menjadi chipset yang populer, dan bahkan lebih baik dari Helio P60? Tentu saja itu semua berkaitan erat dengan konfigurasi CPU yang digunakan.

Pilihan untuk menggunakan konfigurasi 4 core yang berkaitan dengan performa ditambah 4 core berkaitan dengan efesiensi daya tentunya diserahkan ke MediaTek sepenuhnya. Namun tak tertutup kemungkinan mereka akan menggunakan konfigurasi 2 core plus 6 core sebagai alternatif pilihan.

Selain itu, sudah dipastikan MediaTek juga akan tetap menyisipkan teknologi AI ke dalam Helio P80 dan Helio P90 atau meningkatkan kinerja di sisi APU. Helio P60 juga menonjol di sisi grafis dengan adanya Mali-G72 MP3. Perpindahan ke GPU Mali-G76 terbaru sepertinya sangat dimungkinkan.

Pertanyaannya, kapan Helio P80 dan Helio P90 akan diperkenalkan? Sayangnya, semua itu belum dikonfirmasi oleh MediaTek. Jadi, kicauan yang dilontarkan oleh Roland pun hingga saat ini masih menjadi sebuah misteri.

Baca juga

MediaTek di awal tahun ini sudah memperkenalkan Helio P70. Sayangnya mereka tak banyak mengungkap pabrikan smartphone mana saja yang sudah mengadopsi chipset tersebut. Selain itu, MediaTek juga mengambil keputusan untuk tidak merilis chipset X-series setelah penjualan Helio X30 sangat mengecewakan.

Comments

Populer