Connect with us
MaxProM1
Tech News

MediaTek Bikin Chipset Khusus untuk Deteksi Kebugaran

Updated

Beberapa tahun belakangan ini pasar smartphone terus mengalami pertumbuhan inovasi yang terbilang masif. Tak hanya dikemas dengan desain yang sedap dipandang mata, para produsen juga berlomba-lomba menyuguhkan beragam fitur menarik di dalamnya.

Bahkan, diperkirakan kedepannya pertumbuhan inovasi ini akan terus bergulir. Tak sedikit pabrikan smartphone yang berpikir bahwa teknologi virtual reality bakal memainkan peranan penting di industri ini.

Selain itu, beberapa lembaga riset ternama juga merilis bahwa inovasi yang memadukan kecanggihan wearable dengan smartphone juga bakal semakin terlihat nyata. Contohnya adalah pelacak kebugaran.

IDC sendiri memprediksi bakal ada sekitar 240,1 juta unit pelacak kebugaran yang dipasarkan pada tahun 2021 nanti. Jelas, ini sebuah industri yang tak kecil dan menarik di mata para produsen gadget, termasuk pabrikan chipset.

Melihat peluang yang begitu besar, MediaTek pun tak berdiam diri. Mereka dikabarkan telah mampu menciptakan sebuah chipset pelacak kebugaran yang bisa dimuat ke dalam smartphone dan chipset tersebut mereka namakan Sensio.

Sebagai solusi sensor biometrik terbaru, Sensio nantinya bakal ditanam secara utuh ke dalam sebuah smartphone. Selanjutnya, akan ada tiga area pemindai di smartphone yang dapat membaca sidik jari secara akurat.

Ketiganya diposisikan di bagian belakang, sisi kanan, dan kanan bawah perangkat. Pada intinya, ketiga sensor tersebut harus disentuh oleh jari pengguna yang ada di kedua tangan. Alasannya agar sensor bisa membuat lingkaran sehingga bisa melakukan pengukuran secara akurat dan cepat.

Digadang-gadang, Sensio bisa mengukur enam hal, yakni detak jantung, variabilitas denyut jantung, tekanan darah, SpO2, ECG dan PPG. Menariknya, pengukuran semua itu bisa dilakukan kurang dari 60 detik.

Lantas, bagaimana data-data hasil pengukuran itu disimpan? MediaTek menjanjikan, mereka akan mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat menyimpan semua hasil pengukuran tersebut dan semuanya itu berbasis cloud.

MediaTek juga mengemas chipset Sensio yang memiliki penamaan MT 6381 ini dengan dimensi yang sangat kecil. Jadi, produsen smartphone yang ingin mengadopsi inovasi ini pun tak perlu khawatir dengan masalah ruang yang ada pada perangkatnya.

Selain itu, MediaTek juga menjanjikan bahwa chipset pelacak kebugarannya ini tidak akan menguras catu daya yang terpasang serta membuat panas perangkat. Rencananya Sensio baru akan dipasarkan ke beberapa produsen smartphone pada awal tahun depan.

Baca juga

Harapannya, pada paruh pertama tahun 2018 sudah ada smartphone yang dipasarkan dengan dukungan chipset Sensio ini. Sayangnya, MediaTek pelit untuk menginformasikan, produsen smartphone mana saja saja yang siap untuk menggunakan Sensio. So, kita tunggu saja!

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.