Connect with us
UX370-JOE
Tech News

MediaTek Bikin Chipset Khusus untuk Deteksi Kebugaran

Droidlime.com,

/

MediaTek Sensio

Beberapa tahun belakangan ini pasar smartphone terus mengalami pertumbuhan inovasi yang terbilang masif. Tak hanya dikemas dengan desain yang sedap dipandang mata, para produsen juga berlomba-lomba menyuguhkan beragam fitur menarik di dalamnya.

Bahkan, diperkirakan kedepannya pertumbuhan inovasi ini akan terus bergulir. Tak sedikit pabrikan smartphone yang berpikir bahwa teknologi virtual reality bakal memainkan peranan penting di industri ini.

Selain itu, beberapa lembaga riset ternama juga merilis bahwa inovasi yang memadukan kecanggihan wearable dengan smartphone juga bakal semakin terlihat nyata. Contohnya adalah pelacak kebugaran.

MediaTek Sensio 2

IDC sendiri memprediksi bakal ada sekitar 240,1 juta unit pelacak kebugaran yang dipasarkan pada tahun 2021 nanti. Jelas, ini sebuah industri yang tak kecil dan menarik di mata para produsen gadget, termasuk pabrikan chipset.

Melihat peluang yang begitu besar, MediaTek pun tak berdiam diri. Mereka dikabarkan telah mampu menciptakan sebuah chipset pelacak kebugaran yang bisa dimuat ke dalam smartphone dan chipset tersebut mereka namakan Sensio.

Sebagai solusi sensor biometrik terbaru, Sensio nantinya bakal ditanam secara utuh ke dalam sebuah smartphone. Selanjutnya, akan ada tiga area pemindai di smartphone yang dapat membaca sidik jari secara akurat.

Ketiganya diposisikan di bagian belakang, sisi kanan, dan kanan bawah perangkat. Pada intinya, ketiga sensor tersebut harus disentuh oleh jari pengguna yang ada di kedua tangan. Alasannya agar sensor bisa membuat lingkaran sehingga bisa melakukan pengukuran secara akurat dan cepat.

Digadang-gadang, Sensio bisa mengukur enam hal, yakni detak jantung, variabilitas denyut jantung, tekanan darah, SpO2, ECG dan PPG. Menariknya, pengukuran semua itu bisa dilakukan kurang dari 60 detik.

Lantas, bagaimana data-data hasil pengukuran itu disimpan? MediaTek menjanjikan, mereka akan mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat menyimpan semua hasil pengukuran tersebut dan semuanya itu berbasis cloud.

MediaTek juga mengemas chipset Sensio yang memiliki penamaan MT 6381 ini dengan dimensi yang sangat kecil. Jadi, produsen smartphone yang ingin mengadopsi inovasi ini pun tak perlu khawatir dengan masalah ruang yang ada pada perangkatnya.

Selain itu, MediaTek juga menjanjikan bahwa chipset pelacak kebugarannya ini tidak akan menguras catu daya yang terpasang serta membuat panas perangkat. Rencananya Sensio baru akan dipasarkan ke beberapa produsen smartphone pada awal tahun depan.

Baca juga

Harapannya, pada paruh pertama tahun 2018 sudah ada smartphone yang dipasarkan dengan dukungan chipset Sensio ini. Sayangnya, MediaTek pelit untuk menginformasikan, produsen smartphone mana saja saja yang siap untuk menggunakan Sensio. So, kita tunggu saja!

Advertisement
Comments
Tech News

OnePlus 6 Mungkin Meluncur Pertengahan Mei 2018

Published

on

OnePlus 6 Leakz
OnePlus terus menggoda penggila gadget dengan perangkat andalannya yang tahun ini dipastikan akan meluncur, yakni OnePlus 6. Meskipun banyak yang menduga smartphone ini akan meluncur pada awal bulan depan, namun tak sedikit yang menduga, OnePlus akan mengulur waktu peluncuran hingga pertengahan bulan Mei 2018. Ya! Dugaan yang menyebutkan bahwa perusahaan yang dipimpin oleh Pete Lau ini akan menggelontorkan OnePlus 6 pada pertengahan bulan depan bisa jadi tepat. Seperti ditulis oleh salah satu media di India, OnePlus 6 akan diluncurkan pada tanggal 18 Mei 2018. Tak hanya itu, diperkirakan OnePlus 6 akan dipasarkan di negara tersebut dengan harga berkisar Rs 40.000...
Continue Reading
Tech News

Mengejutkan! ASUS Boyong ZenFone 5Q ke Pasar Indonesia

Published

on

ASUS ZenFone 5Q Indonesia
Tak hanya sekadar meluncurkan ZenFone Max Pro M1 dan ZenFone Max M1, ASUS juga membuat kejutan di pasar Indonesia dengan memboyong ZenFone 5Q. Seperti kita ketahui, ZenFone 5Q adalah ZenFone 5 Lite yang diperkenalkan oleh ASUS pertama kali pada ajang MWC 2018 pada akhir Februari lalu di Barcelona. Salah satu daya tarik dari smartphone ini adalah dukungan dual-camera belakang dan dual-camera depan yang disematkan. Ya! ASUS ZenFone 5Q memang dipersenjatai dengan empat kamera sekaligus. Tak hanya itu, smartphone ini juga dikemas dengan desain yang begitu menarik. ASUS mengemas ZenFone 5Q dengan bentang layar berukuran 6 inci FullHD+ dan memiliki aspek...
Continue Reading
Tech News

ASUS ZenFone Max Pro M1 Resmi Meluncur, Harga Menggiurkan

Published

on

ASUS ZenFone Max Pro M1 1
ASUS akhirnya secara resmi mengumumkan harga dari smartphone terbarunya yang masuk ke dalam lini ZenFone Max, yakni ZenFone Max Pro M1 yang dipasarkan di Indonesia. Ada tiga varian ASUS ZenFone Max Pro M1 yang ditawarkan, yakni RAM 3 GB + ROM 32 GB, RAM 4 GB + ROM 64 GB, dan RAM 6 GB + ROM 64 GB. Satu persamaan yang dihadirkan, ZenFone Max Pro M1 ini diperkuat dengan chipset Snapdragon 636 yang sudah melewati proses fabrikasi 14nm dan di dalamnya sudah disokong dengan CPU Kryo 260 yang memadukan empat inti Cortex-A73 dan empat inti Cortex-A53 serta GPU Adreno 509....
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer