Connect with us
Tech News

MediaTek Bikin Chipset Baru untuk Smartphone Mid-range

Pasar smartphone kelas menengah begitu seksi. Kompetisi ini pun dipandang menarik oleh MediaTek yang belum lama ini mengumumkan serangkaian chipset terbaru yang masuk ke dalam lini A Series. Model pertama yang sudah hadir adalah MediaTek Helio A22.

Updated

Tak mau kalah dengan pabrikan smartphone yang berlomba-lomba menghadirkan perangkat baru di tahun ini, pabrikan chipset mobile (SoC) pun seperti itu juga. Seperti yang kita ketahui bersama, ada dua pabrikan chipset mobile yang hingga saat ini terus berkompetisi, yakni Qualcomm dan MediaTek.

Tak hanya menghadirkan chipset mobile untuk perangkat kelas atas, keduanya juga menawarkan beragam chipset yang bisa dipakai pada smartphone kelas menengah. Qualcomm punya Snapdragon 710, kini MediaTek telah mengumumkan serangkaian chipset terbaru yang masuk ke dalam lini A Series.

Adalah MediaTek Helio A22 yang bakal menjadi model pertama A Series yang akan meluncur di tahun ini. Menariknya, chipset ini dibuat oleh MediaTek berdasarkan teknologi proses FinFET TSMC 12nm. Namun anehnya, chipset ini sudah lebih dulu bercokol di dalam Xiaomi Redmi 6A yang diperkenalkan bulan lalu.

Chipset ini memiliki desain prosesor Quad-core berdasarkan empat Cortex-A53 yang memiliki clock speed hingga 2,0 GHz. Tak hanya itu, Chipset ini juga sudah dikemas oleh MediaTek dengan dukungan GPU PowerVR GE8320.

Baca juga

Meskipun Xiaomi sudah lebih dulu mengadopsi chipset ini ke dalam Redmi 6A, bukan berarti MediaTek tidak lagi memproduksi chipset ini. Proses produksi Helio A22 masih berjalan dan diharapkan MediaTek juga lebih semangat untuk menciptakan A Series lainnya di masa mendatang.

Comments

Populer