Mau Beli Tablet? Perhatikan 3 Hal Berikut Ini!

Now Reading
Mau Beli Tablet? Perhatikan 3 Hal Berikut Ini!

Populasi pengguna smartphone di dunia saat ini lebih banyak dibanding pengguna tablet. Hal ini tentu tak mengherankan. Ada dua alasan penyebabnya, yakni karena smartphone memiliki fungsi telepon dan SMS serta lebih portabel.

Namun pada kenyataannya, tablet tetap mejadi perangkat yang banyak digemari karena layar besarnya yang lebih nyaman untuk berbagai keperluan. Nah, apabila Anda termasuk orang yang memerlukan tablet untuk menunjang kebutuhan harian, Anda perlu memerhatikan tiga hal penting berikut ini.

Memiliki slot SIM card

Perangkat pintar saat ini sebaiknya memiliki konektivitas lengkap. Artinya, ketika sebuah tablet hanya memiliki konektivitas WiFi saja, Anda bisa kerepotan di saat-saat tertentu dimana Anda membutuhkan koneksi internet, namun tidak memiliki akses WiFi.

Dengan adanya dukungan SIM card, Anda bisa melakukan apapun untuk menjadi produktif tanpa batasan. Streaming video, browsing, atau pun bermain game online bisa dilakukan di mana pun, kapan pun tidak terbatas oleh tempat dan waktu.

Memiliki handling yang baik

Tablet memiliki bentuk lebih besar dari smartphone. Setidaknya, ukuran terkecil sebuah tablet yakni sekitar 7 inci. Dengan ukuran sebesar itu, portabilitasnya tentu jauh di bawah smartphone.

Untuk itu, pertimbangkan desain dan dimensi keseluruhan tablet yang akan Anda beli. Desain dan dimensi tablet sangat menentukan kenyamanan Anda saat menggunakannya dengan berbagai posisi dan kondisi, kegiatan, serta berbagai tempat.

Saat menggunakan sambil berbaring santai di kasur misalnya, Anda tentu tak akan nyaman memegang tablet besar dengan bobot berat. Atau pun saat membawanya bepergian, jangan sampai tablet yang Anda gunakan sampai menyulitkan dan menyesakkan isi tas Anda.

Memiliki fungsi handwriting

Fungsi tablet akan semakin sempurna ketika memiliki kemampuan handwriting. Dengan layarnya yang lebih besar dari smartphone (seukuran buku tulis), tablet tentu sangat potensial untuk kebutuhan menggambar atau menulis layaknya menulis langsung menggunakan tangan di buku tulis. Hal ini dapat menunjang dan meningkatkan produktivitas serta kreativitas Anda, terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai mahasiswa, planner, hingga pekerja seni.

Dalam poin ini, Samsung setingkat di atas produsen lainnya karena memiliki perangkat tablet yang disertai dengan stylus multifungsi bernama S-Pen. Pada awalnya, Samsung hanya memiliki lini produk tablet Note Series, namun bagi sebagian orang harga yang ditawarkan masih cukup tinggi.

Kini, Samsung mencoba merangkul segmen menengah dengan meluncurkan Samsung Galaxy Tab A. Tablet 8 inci dengan rasio layar 4:3 dan kemampuan kaligrafi ini sudah mendukung jaringan 4G serta dilengkapi kamera 5 MP autofokus. Selain itu, desain yang tipis dan modern membuat Anda lebih nyaman dan stylish saat menggunakannya. Di atas kertas, bisa dikatakan Samsung Galaxy Tab A menjadi “win-win solution” bagi Anda yang mencari tablet idaman tidak mahal.

*Artikel ini adalah hasil kolaborasi Droidlime dan Samsung Galaxy Tab A with S-Pen.

Lihat Juga Review
 
Review Acer E5-553G
 
Review Moto E3 Power
 
Review Vivo Y55
 
Review Lenovo Yoga 500
Bagaimana menurut Anda?
Keren!
40%
Mau
28%
Biasa Aja
16%
Payah!
16%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna iPhone 7 dan ASUS ZenFone 3. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.

Leave a Response