Windows Phone Jadul Ini Bisa Jalankan Android 7.1 Nougat

Sistem operasi Windows Mobile dikenal cukup simpel dan tak terlalu boros hardware. Karena itulah Microsoft selaku pemilik Nokia tak ragu merilis smartphone Windows Phone kelas entry dengan spesifikasi "pas-pasan" seperti Lumia 520. Smartphone ini hanya mengandalkan CPU dual-core 1.0 GHz serta RAM 512 MB.

Namun siapa sangka kalau dengan spesifikasi yang apa adanya tersebut, Lumia 520 justru bisa menjalankan sistem operasi Android 7.1 Nougat dengan baik. Salah seorang pengguna Lumia 520 di Vietnam berhasil melakukannya. Smartphone berlayar 4 inci (800 x 480 piksel) ini bahkan bisa menjalankan dua aplikasi bersamaan dengan smooth.

Tapi jangan berharap untuk bisa menggunakannya sehari-hari. Jika hanya ingin merasakan sensasi menjalankan Android di smartphone Windows, performanya cukup memuaskan. Pasalnya sistem operasi Android yang sudah dimodifikasi ini masih memiliki beragam bug.

Dengan keberhasilan Lumia 520 menjalankan OS Android 7.1 Nougat, bisa dibayangkan bagaimana lancarnya jika OS ini dijalankan pada smartphone Windows yang lebih tangguh seperti Lumia 950 atau Lumia 1020. Nah, buat Anda para pengguna Windows Phone, semoga saja ada developer yang mau menciptakan custom ROM Android untuk bisa dijalankan di smartphone Windows.

(last edit: 14 December, 2016 / 5:14 pm)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
80%
Mau
4%
Biasa Aja
12%
Payah!
4%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.