/ Xiaomi

Lolos TKDN, Redmi 5 dan Redmi Note 5A Prime Siap Melenggang di Indonesia

Pada tanggal 7 Desember 2017 lalu, Xiaomi secara resmi merilis dua smartphone terbarunya, Redmi 5 dan Redmi 5 Plus. Dikemas dengan layar kekinian, yakni layar penuh dengan aspek rasio 18:9, smartphone baru Xiaomi ini juga telah dibekali dengan chipset besutan Qualcomm.

Jika Redmi 5 ditenagai dengan chipset Snapdragon 450, Redmi 5 Plus dibekali dengan chipset kelas menengah favorit, yakni Snapdragon 625. Masuk dalam jajaran smartphone kelas menengah, Xiaomi juga membenamkan dukungan RAM dan ROM yang tak kalah menarik di mata konsumen.

Redmi 5 yang dikemas dengan ukuran layar 5,7 HD+ telah dibekali dengan pilihan RAM 2 GB dan 3 GB serta pilihan ROM 16 GB dan 32 GB. Sedangkan Redmi 5 Plus yang disokong layar berukuran 5,99 inci Full HD+ memiliki pilihan RAM 3 GB dan 4 GB dengan ROM 32 GB dan 64 GB.

Berbicara soal dukungan kamera yang disematkan, keduanya memiliki spesifikasi kamera yang sama. Baik Redmi 5, maupun Redmi 5 Plus sama-sama dilengkapi dengan kamera depan 5 MP dan kamera belakang 12 MP dengan aperture f/2.2.

Lantas, kemana saja Xiaomi bakal memasarkan dua smartphone barunya ini? Bagi Anda yang tinggal di Indonesia sekaligus pencinta smartphone Xiaomi tak perlu kecewa. Pasalnya, Xiaomi bakal menawarkan salah satu dari dua smartphone tersebut untuk dijual di Indonesia.

Ya! Xiaomi bakal memboyong Redmi 5 ke pasar Indonesia. Hal ini berdasarkan informasi yang beredar di situs P3DN Kementerian Perindustrian RI. Tertulis dengan kode MI MCG3B, smartphone ini didatangkan oleh PT. Erajaya Swasembada Tbk.

Kabar lainnya juga menyebutkan bahwa PT. Erajaya Swasembada Tbk tak hanya memboyong Redmi 5 ke pasar Indonesia. Smartphone Xiaomi lainnya yang siap dipasarkan dan sudah muncul di situs P3DN Kementerian Perindustrian RI adalah Redmi Note 5A Prime.

Tertulis dengan kode MI MDG6S, smartphone ini pun sudah dinyatakan lolos penilaian TKDN sebesar 30,03 persen. Berbeda dengan Redmi 5, Redmi Note 5A Prime dikemas dengan layar berukuran 5,5 inci HD dan aspek rasionya hanya 16:9.

Redmi Note 5A Prime juga hanya dibekali dengan chipset Snapdragon 435 dengan pilihan RAM 3 GB dan 4 GB serta internal storage berkapasitas 32 GB dan 64 GB yang masih bisa diperluas via microSD. Smartphone ini juga disokong dengan baterai berkapasitas 3.080 mAh.

Sayanganya kami kesulitan untuk mencari tahu, kapan kedua smartphone ini secara resmi dipasarkan di Indonesia, begitu juga dengan perkiraan harganya. Namun, tak tertutup kemungkinan keduanya bakal melenggang di pasar Indonesia pada awal tahun 2018. So, dari kedua smartphone tersebut, mana yang Anda pilih?

(last edit: 13 December, 2017 / 8:35 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
65%
Mau
10%
Biasa Aja
8%
Payah!
19%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.