LG Tuding Kabel USB Palsu Bikin Smartphone-nya Bootloop

LG dikenal sebagai produsen perangkat yang rajin merilis smartphone flagship berkualitas. Sayangnya smartphone flagship LG, mulai dari LG G4, seringkali menderita penyakit bernama bootloop. Unit LG G4 yang kami gunakan pun sempat mengalami bootloop. Setelah banyaknya kasus serupa, LG pun akhirnya mengonfirmasi kalau masalah tersebut terjadi karena adanya "miskomunikasi" antar hardware di dalam smartphone.

Di antara jajaran smartphone flagship keluaran LG, seri G4 jadi yang paling banyak mengalami bootloop. Sementara penerusnya, LG G5, juga mengalami namun jumlah kasusnya sangat sedikit. Begitu pun dengan flagship paling barunya, LG V20, sempat mengalami bootloop. Bootloop sendiri adalah kondisi dimana ketika smartphone dinyalakan tidak bisa masuk ke dalam sistem operasi yang artinya sama saja tidak bisa digunakan.

Dari sejumlah unit LG V20 yang mengalami bootloop dan sudah masuk ruang servis resmi LG, diklaim bahwa yang jadi penyebabnya adalah kabel data. Ya, pihak service center LG menyalahkan kabel data USB Type-C third party atau non resmi yang jadi biang keroknya. Apakah benar demikian?

Salah seorang pengguna forum Reddit bernama Nathan K mengatakan kalau kabel USB Type-C non resmi sangat jarang menjadi penyebab bootloop. Sementara bagi LG, kasus bootloop yang menimpa smartphone buatannya makin sering terjadi sejak banyaknya kabel USB Type-C buatan Cina di pasaran. Menuru Anda, pendapat siapa yang paling benar?

(last edit: 20 December, 2016 / 5:40 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
9%
Mau
0%
Biasa Aja
27%
Payah!
64%
Tentang Penulis
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.