Connect with us
Tech News

LG Q9 One, Android One Baru dari LG dengan Rasa LG G7 One

Di pasar Korea Selatan, LG baru saja merilis smartphone baru, LG Q9 One. Ya! Ini adalah smartphone Android One yang punya rasa seperti LG G7 One. Hanya saja, LG Q9 One datang dengan Android 9 Pie.

Updated

Bukan lagi isapan jempol jika divisi mobile LG begitu terpuruk di pasar smartphone global. Ya! Bisnis smartphone yang dibangun oleh LG di tahun ini tidak begitu menggembirakan. Mereka pun pada tahun lalu tidak begitu banyak memproduksi smartphone baru.

Sepertinya hal yang sama akan terus dilakukan oleh LG. Ya! Mereka hanya merilis ulang beberapa smartphone yang dianggap sukses. Contohnya, LG baru-baru ini kembali me-rebranding LG G7 One dengan menghadirkan LG Q9 One di pasar Korea Selatan.

Sebelumnya, LG juga pernah menerbitkan LG G7 One dengan nama LG X5 di Jepang pada bulan Desember tahun lalu. Baik LG Q9 One maupun LG X5, memiliki desain yang sepenuhnya mirip dengan LG G7 One yang pertama kali diperkenalkan di IFA 2018 di Berlin.

Namun ada satu hal yang menarik. Jika LG G7 One datang dengan Android 8.1 Oreo, LG Q9 One datang dengan sistem operasi yang lebih baru, yakni Android 9 Pie. Model ini pun dirilis di bawah program Android One milik Google dan tidak tertutup kemungkinan LG G7 One sudah porting ke Android 9 Pie.

LG Q9 One hadir dengan layar besar dan punya poni mirip iPhone X yang menaungi earpiece atau lubang suara dan kamera depan. Smartphone ini memiliki layar berukuran 6,1 inci dengan resolusi QHD dan aspek rasionya adalah 19,5:9.

Untuk dapur pacunya, LG tetap mempercayakan Snapdragon 835 yang merupakan SoC unggulan Qualcomm di tahun 2017 lalu. Chipset yang terpasang terintegrasi dengan RAM LPDDR4X sebesar 4 GB dan penyimpanan internal berkapasitas 32 GB (UFS 2.1).

Untuk penyimpanannya jika dirasa kurang luas, smartphone ini juga ditopang dengan slot microSD yang mampu menampung data tambahan hingga 512 GB. Sedangkan untuk catu dayanya, sudah terpasang baterai berkapasitas 3.000 mAh dengan QC 3.0.

Bagaimana dengan kameranya? LG Q9 One hanya dibekali kamera belakang tunggal 16 MP dengan aperture f/1.9. Selain itu, ada juga pemindai sidik jari di bagian belakang smartphone ini dan LG pun memperkaya LG Q9 One dengan tombol khusus Google Assistant.

Dukungan lainnya yang turut melengkapi LG Q9 One adalah port jack audio 3.5 mm, Hi-Fi Quad DAC, audio DTS-X dan speaker Boombox seperti yang dimiliki G7 ThinQ. Smartphone ini juga tahan air dan debu berkat sertifikasi IP68. Sedangkan untuk konektivitas ada NFC, Bluetooth 5.0 dan USB-C.

Uniknya, LG tidak sama sekali menyinggung varian warna yang ditawarkan. Tetapi beberapa gambar promosi yang tersebar di internet memperlihatkan bahwa LG Q9 One tersedia dalam warna Moroccan Blue dan Mystic White.

Baca juga

Di Korea Selatan, LG memasarkan smartphone ini bersama operator LG U+ dan dibanderol dengan harga KRW 599.500 atau setara dengan Rp7,5 juta. Belum ada informasi yang valid, apakah nantinya LG akan menyebarluaskan smartphone ini ke banyak negara?

Comments

Populer