Lenovo A7000 vs Alcatel Onetouch Flash Plus

Sebulan belakangan, ada dua smartphone entry-level yang menyita banyak perhatian pengguna gadget Indonesia. Mereka adalah Lenovo A7000 dan Alcatel Onetouch Flash Plus. Keduanya memiliki kemiripan hardware dan harga. Lenovo A7000 dijual seharga Rp1.999.000 sedangkan Alcatel Onetouch Flash Plus dijual seharga Rp1.899.000.

Desain dan handling

Serupa tapi tak sama. Alcatel Onetouch Flash Plus dan Lenovo A7000 memiliki layar 5,5 inci namun keduanya tampil beda dari sisi desain. Alcatel Onetouch Flash Plus memiliki sudut-sudut membulat sedangkan Lenovo A7000 tampil lebih kaku dengan desain kotak.

Sama-sama memiliki dua slot SIM card, letak slot SIM keduanya ternyata berbeda. Slot SIM card Lenovo A7000 bisa ditemukan dengan membuka penutup casing belakang dan membuka baterainya. Sedangkan slot SIM card pada Alcatel Onetouch Flash Plus terletak di sisi samping smartphone. Dengan kata lain, baterai pada Alcatel Onetouch Flash Plus tidak dapat dilepas.

Karena sama-sama berbahan plastik, bagian belakang kedua smartphone ini terasa licin. Jika dibandingkan, kami merasa bagian belakang Lenovo A7000 lebih terasa licin. Namun untuk urusan bobot, Lenovo A7000 memiliki bobot lebih ringan (140 gram) dibanding Alcatel Onetouch Flash Plus (147 gram).

User interface

Lenovo A7000 dengan OS Lollipop 5.0 dapat mengungguli Alcatel Onetouch Flash Plus yang masih menggunakan OS KitKat 4.4. Namun jika ditelaah lebih dalam, user interface Alcatel Onetouch Flash Plus ternyata menawarkan lebih banyak fitur, salah satunya adalah pilihan kustomisasi berupa beragam theme gratis.

Tak hanya itu, Alcatel Onetouch Flash Plus juga menyediakan lebih banyak fitur screen-off gesture untuk menjalankan aplikasi dengan cepat saat smartphone terkunci. Total terdapat delapan pilihan screen-off gesture dibanding Lenovo A7000 yang hanya memiliki dua pilihan screen-off gesture.

Satu lagi keunggulan Alcatel Onetouch Flash Plus, yaitu fitur Somatosensory dimana Anda bisa melambaikan tangan pada sensor yang ada di dekat kamera depan untuk menggeser halaman Homescreen atau melihat-lihat dari satu foto ke foto lainnya melalui aplikasi Gallery. Ketika diadu, UI kedua smartphone sama-sama mengonsumsi RAM hingga 1,3 GB.

Hardware dan performa

Cukup sulit untuk membandingkan performa komputasi antara kedua smartphone ini karena sama-sama menggunakan prosesor 8-core MediaTek MT6752m 1,5 GHz dan RAM 2 GB. Praktis, performa komputasi keduanya jadi sama persis. Namun untuk urusan storage, Alcatel dengan storage murni 12 GB dapat mengungguli Lenovo A7000 yang hanya memiliki storage murni 4 GB.

Bagaimana dengan kualitas layarnya? Sama-sama beresolusi 720p, layar Lenovo A7000 terlihat sedikit lebih tajam dalam menampilkan teks. Sementara layar Alcatel Onetouch Flash Plus memiliki karakter agak yellowish sehingga terliha kekuning-kuningan. Untuk menonton, layar Alcatel mampu menampilkan warna lebih kaya.

Dari sisi daya, Alcatel ditunjang baterai 3.500 mAh, sedangkan sang lawan hanya ditunjang baterai 2.900 mAh. Saat digunakan, terbukti baterai Alcatel Onetouch Flash Plus dapat bertahan kurang lebih dua jam lebih lama dibanding Lenovo A7000. Kami juga menguji suhu kedua smartphone. Dalam kondisi full load, suhu Alcatel lebih panas (44c) dibanding Lenovo A7000 (40c).

Kamera

Meski memiliki resolusi 13 MP, hasil jepretan kamera Alcatel Onetouch Flash Plus tak berbeda jauh dibanding kamera 8 MP miliki Lenovo A7000. Jika diadu dalam hal kecepatan, kamera milik Lenovo A7000 lebih cepat dalam menangkap dan menyimpan gambar. Namun ada mode unik yang dimiliki oleh Alcatel, yakni Picture-in-Picture dimana Anda bisa memotret bersamaan dengan kamera depan dan belakang.

Kesimpulan

Kedua smartphone memiliki kemiripan harga dan performa. Namun cukup disayangkan, Lenovo A7000 memiliki keterbatasan pada sisi storage yang hanya 4 GB saja. Sementara hal yang cukup mengganjal dari Alcatel Onetouch Flash Plus adalah karakter layarnya yang kekuning-kuningan. Selebihnya, kedua smartphone ini benar-benar ada di level yang seimbang.

(last edit: 13 July, 2015 / 9:46 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
60%
Mau
21%
Biasa Aja
11%
Payah!
9%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.