/ Xiaomi

Lei Jun: Perangkat Berkualitas Jadi Kunci Keberhasilan Xiaomi

Xiaomi adalah salah satu pabrikan smartphone yang pada tahun ini kembali bersinar. Keberhasilan mereka pun diungkapkan langsung oleh Co-founder sekaligus CEO-nya sendiri, Lei Jun melalui buah pemikirannya yang ditulis di Weibo.

Lei Jun menyebutkan bahwa dengan menciptakan perangkat yang berkualitas adalah salah satu alasan utama kesuksesan Xiaomi pada tahun ini. Alasan lainnya, terkait langsung dengan inovasi serta harga jual perangkat yang dapat diterima oleh konsumen setianya.

Ditegaskan juga oleh Lei Jun bahwa semua pekerja yang tergabung ke dalam komite penanganan masalah kualitas produk akan segera mengadakan pertemuan. Agendanya, mereka akan membicarakan soal kualitas perangkat yang diproduksi serta membenahi sistem yang sudah ada.

Xiaomi Mi 6 RAM 4 GB

Perlu diketahui bersama, hingga saat ini Xiaomi telah berhasil menjual lebih dari 73 juta unit smartphone. Tercatat, pada bulan September hingga November tahun ini diperkirakan Xiaomi telah mendistribusikan lebih dari 20 juta unit smartphone.

Lei Jun juga menargetkan bahwa Xiaomi akan menjual smartphone yang dikembangkannya ke pasar global hingga mencapai 90 juta unit pada akhir tahun ini. Padahal, pada awal tahun ini, Xiaomi sendiri sudah menargetkan akan menjual smartphone-nya sebanyak 73 juta unit.

Harus diakui, Xiaomi pada akhirnya harus merevisi target angka penjualannya di tengah jalan. Bukan tanpa alasan hal itu mereka lakukan. Xiaomi pintar untuk membaca pasar, sehingga angka penjualannya jauh lebih tinggi dari perkiraan awal.

Keberhasilan tersebut juga tak lepas dari kontribusi pasar India. Disebutkan, Xiaomi berhasil menjual empat juta unit smartphone di pasar India. Tak hanya itu, keberhasilannya tersebut juga ikut mendongkrak pangsa pasarnya di negara tersebut.

Seperti dilaporkan oleh lembaga riset Counterpoint bahwa di pasar India pada kuartal ketiga tahun ini Xiaomi bersaing ketat dengan Samsung. Disebutkan, Xiaomi memiliki pangsa pasar sebesar 22 persen, sementara Samsung sebesar 23 persen.

Lei Jun juga menuturkan bahwa Xiaomi benar-benar berhasil meningkatkan pangsa pasarnya di India, yakni sebesar 290 persen dalam waktu sekitar satu tahun. Tak berhenti sampai di situ, Lei Jun juga berjanji bahwa Xiaomi akan terus berusaha untuk memperbaiki banyak hal.

Sedikit informasi untuk kalian, Xiaomi juga berencana untuk masuk secara resmi ke pasar Spanyol. Gebrakan awal yang akan mereka lakukan di Negeri Matador ini adalah dengan menggelar sebuah event pada tanggal 7 November 2017 nanti.

Bisa jadi, kedatangan Xiaomi ke pasar Spanyol juga sudah ditunggu-tunggu oleh para Mi Fans di sana. Sayangnya Xiaomi masih menutup rapat-rapat, apakah pada event tersebut mereka akan memperkenalkan produk terbaru atau sekadar memasarkan produk yang sudah ada.

(last edit: 1 November, 2017 / 3:32 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
49%
Mau
2%
Biasa Aja
4%
Payah!
44%
Tentang Penulis
A. Wasa Wirman

Pengguna Oneplus 5 & iPhone 6s. Menyukai segala perkembangan teknologi dan gadget, senang berbicara dengan orang banyak. Mengawali karirnya di bidang marketing dan keuangan, kini Wasa menjadi bagian dari DroidLime sebagai CFO.