Lebih Segar, Desain Google Play Akan Berubah Total!

Setelah beberapa kali melakukan perubahan desain, kali ini Google Play kembali me-refresh tampilannya. Dengan kategori yang semakin banyak, tentunya diperlukan adanya perubahan navigasi agar pengguna Android tidak terlalu bingung dalam memilih kategori.

Kiril Grouchnikov selaku user interface engineer di Google, memberikan bocoran tampilan Google Play terbaru melalui akun Google+ miliknya. Kiril Grouchnikov sendiri telah beberapa kali melakukan redesain untuk Google Play dalam kurun waktu enam tahun. Namun, kemungkinan desain ini akan menjadi yang terakhir bagi beliau karena akan bergabung dengan Team Framework Google.

googleplay-4

Melihat landing page awalnya, terdapat perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan versi saat ini. Apabila versi saat ini landing page-nya terdiri dari beberapa kategori, seperti Apps, Games, Movies & TV, Music, Books dan Newsstand, pada versi terbarunya Google Play hanya akan terdiri dari dua kategori besar, yaitu Apps & Games dan Entertainment.

googleplay-1

Di bawah kategori Apps & Games terdapat sub kategori seperti Top Charts, Games, Categories, dan Family. Sedangkan untuk kategori Entertainment terdapat sub kategori seperti Movies & TV, Music, Books dan Newsstand. Selain itu, pada versi terbarunya, Google Play juga telah mendukung bahasa RTL yang memungkinkan pembacaan dari kanan ke kiri.

googleplay-2

Saat ini update tersebut belum tersedia baik secara OTA maupun bocoran APK-nya. Namun, kemungkinan besar kehadirannya tidak lama lagi berdasarkan screenshot maupun status Google+ Kiril Grouchnikov. Bagaimana menurut Anda untuk desain yang baru ini? Apakah navigasinya memang menjadi lebih mudah atau justru membingungkan?

(last edit: 16 October, 2015 / 9:39 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
72%
Mau
16%
Biasa Aja
6%
Payah!
6%
Tentang Penulis
Ryan Fibrian

Pengguna iPhone7 dan Samsung Galaxy Tab S2. Memiliki ketertarikan dengan dunia gadget dan IT. Memulai karir menulisnya di CHIP Indonesia pada tahun 2010 dan kini menjadi reviewer dan content writer di DroidLime.