Layar Pixel 2 XL Terbakar, Google Belum Memberi Tanggapan Resmi

Pada awal bulan Oktober 2017 lalu, Google sudah merilis duo smartphone andalannya, Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Kedua sukses mengguncang dunia gadget setelah menyandang gelar smartphone dengan kamera terbaik. Bahkan, Pixel 2 masuk jajaran lima besar DxOMark.

Namun kabar tak sedap datang pada pertengahan bulan November 2017 ini. Ya! Pixel 2 XL dilaporkan mengalami kendala teknis pada layar yang digunakan. Laporan ini sendiri datang dari salah satu penulis Android Central Alex Dobie.

Lewat akun Twitter miliknya, Dobie mengunggah sebuah layar Pixel 2 XL miliknya yang tampak seperti terbakar. Fenomena ini disebut juga dengan istilah screen burn-in. Separuh layar, tepatnya bagian tengah hingga sampai tombol virtual tertutup background berwarna abu-abu.

Pixel 2 XL

Dobie pun menjelaskan bahwa masalah ini timbul setelah ia menggunakan PIxel 2 XL selama satu minggu. Rupanya tidak hanya Dobie yang mengalami masalah. Penulis 9to5Google, Stephen Hall juga mendapati masalah serupa.

Pixel 2 XL yang ada ditangan Hall juga mengalami masalah burn-in screen setelah 10 hari. Layar terbakar atau burn-in screen terjadi ketika sebagian layar menampilkan bercak hitam dalam jangka waktu yang lama. Kabarnya, masalah ini kerap terjadi pada layar berjenis OLED.

Namun, ada kemungkinan juga layar OLED Pixel 2 XL mengalami retensi gambar. Berbeda dengan burn-in, retensi gambar dikategorikan sebagai masalah yang lebih ringan dan akan hilang dalam beberapa saat.

Mendengar insiden ini, tentu saja Google tak berdiam diri. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut langsung bergegas melakukan investigasi lebih lanjut mengenai penyakit yang dialami Pixel 2 XL.

Seperti ditulis oleh The Verge, Google menjelaskan bahwa Layar Pixel 2 XL telah dirancang dengan teknologi OLED yang mendukung resolusi QHD+, warna yang gamut, rasio kontras tinggi dan rendering yang indah.

Selain itu, pihak Google juga menyatakan bahwa setiap produk yang mereka rilis telah melalui tahap pengujian kualitas secara kstensif. Tentu saja, kejadian ini sedikit banyak akan mengganggu penjualan Pixel 2 XL.

Lantas, apakah Google mampu menyelesaikan masalah ini? Kita tunggu saja jawaban yang akan keluar dari mulut mereka. Tentu saja banyak yang berharap, kejadian pahit yang pernah menimpa Samsung pada tahun lalu diharapkan tidak menyambangi Google.

(last edit: 24 October, 2017 / 12:08 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
17%
Mau
3%
Biasa Aja
8%
Payah!
75%
Tentang Penulis
David Theo

Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.