Kualitas Video iPhone 6s Ungguli Kamera Pro Seharga Rp40 Juta

Apple meng-upgrade kamera iPhone 6s menjadi 12 megapiksel. Resolusi tersebut adalah yang tertinggi sepanjang sejarah Apple. Sebelumnya sejak iPhone 4s hingga iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, resolusi kamera iPhone selalu sama, 8 megapiksel.

Meski bukan yang tertinggi, kamera iPhone jauh lebih baik dibanding kamera smartphone Android flagship meski memiliki resolusi kamera lebih tinggi. Dengan iPhone 6s, Anda bisa merekam video dengan resolusi 4K. Menariknya, kualitas rekamannya bisa digunakan untuk kebutuhan shooting profesional.

Saat dibandingkan dengan kamera Nikon D750 seharga US$3.000, iPhone 6s lebih unggul. Menurut Lee Morris, seorang fotografer dari Fstopper, hasil rekaman iPhone 6s terlihat lebih detail serta memiliki warna dan kontras lebih hidup dan akurat.

Pengujian menggunakan Nikon D750 dilakukan dengan lensa Tamron 24-70mm F/2.8. Namun konfigurasi yang digunakan yakni pada focal length 35mm, ISO 100, dan F/8. Sementara konfigurasi iPhone diset secara otomatis karena tidak ada opsi manual.

Meski begitu, bukan berarti Nikon D750 kalah segalanya. Untuk merekam video dengan efek depth-of-field atau merekam di kondisi temaram, iPhone 6s jelas kalah kelas. Anda bisa melihat dan membuktikan perbedaannya melalui video berikut ini.

(last edit: 9 October, 2015 / 2:32 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
24%
Mau
14%
Biasa Aja
42%
Payah!
20%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.