Connect with us
MaxM2
Tech News

Ketahuan Curang, OPPO Find X Didepak dari 3DMark

OPPO kepergok melakukan kecurangan. Dua smartphone buatannya terbukti meraih skor lebih tinggi dari yang seharusnya dalam pengujian benchmark.

Updated

Skor benchmark menjadi salah satu tolok ukur dalam menguji kemampuan smartphone. Saat ini ada beberapa aplikasi yang biasa dipakai untuk benchmark, yakni AnTuTu, 3D Mark, dan PC Mark. Semakin besar skor yang didapatkan, itu berarti performa dari smartphone tersebut tidak perlu diragukan lagi.

Karena pentingnya sebuah skor benchmark, ada vendor yang sengaja meningkatkan performa smartphone ketika sedang diuji, salah satunya adalah OPPO. UL benchmark selaku perusahaan di balik 3DMark mengungkapkan bahwa dua smartphone OPPO, yakni OPPO Find X dan OPPO F7 telah dihapus dari daftar database 3DMark.

Ketika menjalankan 3DMark versi publik yang ada di Google Play Store, OPPO Find X mendapatkan skor tinggi, 4.576 poin. Namun saat menjalankan aplikasi versi ‘private’, skor aslinya baru terlihat, hanya 3.344 poin. Perbedaan skor antara versi publik dan private mencapai 41%.

UL sendiri sempat menghubungi OPPO untuk mengonfirmasi hal tersebut. Jawabannya OPPO mengakui bahwa mereka memang membolehkan prosesor berjalan dengan kecepatan maksimal saat menjalankan game atau pun benchmark yang membutuhkan performa tinggi.

Baca juga

OPPO Find X sebelumnya menempati peringkat ke-4 dalam daftar smartphone terbaik di 3DMark Sling Shot Extreme. Kini, smartphone tersebut menghilang dari daftar. Sebelum OPPO, vendor lain yang mencurangi Benchmark adalah Huawei. Tidak tanggung-tanggung, ada tiga seri yang terbukti curang, yakni Huawei P20 Pro, Huawei Nova 3 dan Honor Play.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.