/ Apple

Kapasitas Baterai iPhone X Lebih Besar dari iPhone 8 Plus, Benarkah?

Di beberapa negara yang ditunjuk oleh Apple, penjualan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sudah resmi dimulai sejak 22 Sepetember 2017 lalu. Sayangnya, hingga saat ini Apple masih menutup diri perihal besaran RAM dan kapasitas baterai yang dibawa oleh dua smartphone tersebut.

Kendati demikian, informasi yang terkait dengan dua hal tersebut sudah merebak di berbegai media dan jadi obrolan yang menarik di mata para penggila gadget. Bahkan untuk memastikan informasi tersebut, kami turut memesan satu unit iPhone 8 Plus dengan memori internal 256 GB.

Sesuai dengan ekspektasi, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus diotaki dengan chipset terbaru, A11 Bionic. Kehadiran chipset tersebut juga dipadukan dengan RAM 2 GB (iPhone 8) dan 3 GB (iPhone 8 Plus). Lalu, bagaimana dengan kapasitas baterainya?

iPhone X 2

Informasi yang kami dapat dari iFixit menyebutkan bahwa iPhone 8 memiliki baterai berkapasitas 1.821 mAh. Sedangkan iPhone 8 Plus berkapasitas 2.691 mAh. Bisa dikatakan, kapasitas baterai yang disajikan mengalami penurunan alias lebih kecil dibandingkan dengan iPhone 7 dan 7 Plus.

Terkait dengan penurunan kapasitas baterai yang disematkan, Apple pun juga tak mau memberikan alasan pasti. Namun, jika kami boleh menerka-nerka, dugaannya mengarah pada fitur wireless charging yang diusung.

Sementara itu, iPhone X baru akan dipasarkan pada bulan November 2017 mendatang. Layaknya smartphone yang masuk ke dalam "edisi spesial", tentu saja iPhone X akan memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dibandingkan dengan dua saudara kembarnya.

Mengacu informasi dari Chinese Telecommunication Equipment Certification Center (TENAA), diperkirakan iPhone X akan menggunakan baterai berkapasitas 2.715 mAh. Sedangkan untuk memaksimalkan kapasitasnya, Apple merancang baterai iPhone X dalam bentuk L.

Sayangnya, meski dibekali baterai berkapasitas lebih besar, performa baterai iPhone X tidak menawarkan daya tahan yang lebih kuat dari iPhone 8 Plus. Hal ini cukup masuk akal mengingat iPhone X mengusung teknologi serta fitur yang jauh lebih canggih dibanding iPhone 8 Plus.

Selain itu, layar OLED berukuran jumbo juga menjadi salah satu indikator mengapa daya tahan baterai iPhone X masih berada dibawah iPhone 8. Namun yang perlu Anda cermati, semua itu masih perkiraan. Karena itu, kita tunggu saja hingga iPhone X benar-benar meluncur ke pasaran.

(last edit: 27 September, 2017 / 2:48 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
46%
Mau
5%
Biasa Aja
24%
Payah!
27%
Tentang Penulis
David Theo

Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.