Kamus Lengkap Varian ASUS ZenFone Terbaru 2015

Apakah Anda termasuk orang yang bingung dengan banyaknya varian smartphone ZenFone dari ASUS? Sistem penamaan yang digunakan oleh ASUS serta begitu banyaknya varian ZenFone memang cukup memusingkan, terlebih lagi spesifikasi dan bentuk dari satu varian dengan varian lain tidak jauh berbeda.

Setelah merilis tiga varian ZenFone 2 (ZE551ML, ZE550ML, dan ZE500CL) di awal tahun kemarin, baru-baru ini ASUS kembali memperkenalkan varian terbaru ZenFone miliknya. Tidak tanggung-tanggung, ASUS punya lima varian terbaru ZenFone, yaitu ASUS ZenFone Go, ASUS ZenFone 2 Laser, ASUS ZenFone Max, ASUS ZenFone Selfie, dan ASUS ZenFone 2 Deluxe. Mari kita bahas perbedaannya dari yang terendah hingga tertinggi.

ASUS ZenFone Go ZC500TG

zenfonego

Seri terbaru ZenFone yang satu ini adalah versi upgrade dari ZenFone generasi pertama. Hal ini bisa dilihat dari desainnya yang mirip seperti ZenFone 5 dan mengusung spesifikasi entry-level dengan layar 5 inci 720p. Berbeda dari biasanya, ASUS membekali ZenFone Go dengan prosesor MediaTek, bukan Intel. Spesifikasi yang digunakan yakni CPU MediaTek MT6580 quad-core 1,3 GHz, RAM 2 GB, dan storage 16 GB.

Di sisi kamera, ASUS ZenFone Go dibekali kamera utama 8 MP dan kamera depan 2 MP, tergolong biasa-biasa saja. Yang cukup disayangkan, smartphone dengan sistem operasi Android 5.1 dan baterai 2.070 mAh ini belum mendukung jaringan 4G. Bisa disimpulkan, ASUS ZenFone Go adalah bentuk penyegaran dari ASUS ZenFone 5.

ASUS ZenFone 2 Laser ZE500KL & ZE550KL

zenfone-laser

Dari sisi desain, ASUS ZenFone 2 Laser terlihat sama seperti jajaran smartphone ASUS ZenFone 2 yang sudah dirilis awal tahun kemarin. Namun dari sisi layar serta spesifikasi prosesor dan RAM, smartphone ini tak jauh berbeda dibanding ZenFone 5.

Ada dua varian ASUS ZenFone 2 Laser, yakni dengan layar 5 inci (ZE500KL) dan 5,5 inci (ZE550KL) beresolusi 720p. ZenFone 2 Laser juga menjadi smartphone pertama ASUS yang hadir dengan prosesor Qualcomm, yakni Snapdragon 410. ASUS menyediakan dua pilihan storage, yaitu 8 dan 16 GB. Sementara RAM-nya berkapasitas 2 GB.

Yang paling menarik dari ZenFone 2 Laser adalah kamera. Kamera utamanya beresolusi 13 MP dan kamera depan beresolusi 5 MP. Kedua utamanya juga ditemani sebuah lampu flash dual-tone. ASUS juga mengklaim kamera utama ZenFone 2 Laser dapat mengunci fokus objek sangat cepat, hanya 0,3 detik saja! Cocok untuk Anda yang hobi memotret.

ASUS ZenFone Max ZC550KL

zenfone-max

Sisi depan ASUS ZenFone Max boleh jadi mirip seperti varian ZenFone lainnya. Namun sisi belakangnya benar-benar berbeda dari seri ZenFone kebanyakan dan cenderung mirip varian Padfone. Layarnya sendiri berdimensi 5,5 inci dan dikabarkan memiliki resolusi 1.280 x 720 piksel.

Dari sisi spesifikasi, ZenFone Max serupa dengan ZenFone 2 Laser, sama-sama menggunakan CPU Qualcomm Snapdragon 410, RAM 2 GB, dan pilihan storage 8 atau 16 GB. Begitu pun dengan kamera utamanya yang beresolusi 13 MP (dilengkapi flash dual-tone) dan kamera depan 5 MP.

Yang paling menonjol dari ASUS ZenFone Max adalah baterainya. Dengan bodi yang masih tergolong ramping, ASUS ZenFone Max membawa baterai ekstra besar berkapasitas 5.000 mAh. Berkat baterai jumbo yang dimilikinya, Anda juga bisa menggunakan smartphone ini sebagai powerbank.

ASUS ZenFone Selfie ZD551KL

zenfone-selfie

Anda gemar memotret selfie? Inilah varian ZenFone yang paling pas untuk digunakan. ASUS ZenFone Selfie hadir dengan layar 5,5 inci full HD. Sama seperti ZenFone 2 Laser dan ZenFone Max, smartphone ini juga menggunakan prosesor besutan Qualcomm. Hanya saja, prosesor yang digunakan lebih tinggi, yakni Snapdragon 615.

ASUS menciptakan ZenFone Selfie dengan dua pilihan kapasitas RAM dan storage. Pilihan pertama RAM 2 GB dan storage 16 GB serta pilihan kedua RAM 3 GB dan storage 32 GB. Sementara dari sisi kamera, smartphone ini hadir dengan kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP yang istimewa. Pasalnya, kedua kamera tersebut masing-masing ditemani sebuah flash dengan fitur real tone LED. Kamera utamanya juga diklaim dapat mengunci objek foto hanya dalam waktu 0,3 detik.

ASUS ZenFone 2 Deluxe ZE551ML

zenfone-2-deluxe

Varian terbaru ZenFone yang paling tinggi adalah ZenFone 2 Deluxe. Smartphone ini mirip seperti ZenFone 2 ZE551ML yang sudah dirilis awal tahun lalu. Layarnya 5,5 inci beresolusi full HD. Prosesornya pun sama, ada dua pilihan yakni Intel Atom Z3560 dan Intel Atom Z3580.

Adapun peningkatan dibanding ZenFone 2 ZE551ML terdahulu terletak pada sisi storage. ASUS ZenFone 2 Deluxe hadir dengan kapasitas RAM 4 GB serta pilihan storage 64 dan 128 GB. Sementara dari sisi kamera, ZenFone 2 Deluxe ZE551ML dan ZenFone 2 ZE551ML versi biasa sama-sama mengusung kamera 13 MP dan 5 MP. Lantas dimana letak perbedaannya?

Yang membedakan keduanya adalah material back case-nya. ASUS ZenFone 2 Deluxe terlihat mewah dengan back case bermotif seperti berlian yang mereka namakan Crystal Miracle. Ya, perbedaan utama keduanya hanya terletak pada sisi desainnya saja.

(last edit: 23 August, 2015 / 8:25 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
62%
Mau
16%
Biasa Aja
11%
Payah!
11%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.