Connect with us
UX370-JOE
Tech News

Kalahkah Apple dan MediaTek, Qualcomm jadi Penguasa Prosesor Mobile

Droidlime.com,

/

Qualcomm Snapdragon chipset

Baru-baru ini perusahaan Counterpoint research telah merilis laporan terbarunya mengenai keuntungan chipset (SoC) smartphone yang berhasil mencapai delapan miliar Dollar AS pada Q3 2017. Bisa dibilang ini merupakan rekor yang bagus mengingat terjadi pertumbuhan 19 persen dibandingkan penjualan pada Q3 2016.

Meskipun Qualcomm mengalami kenaikan hanya 1 persen dari Q3 2016 ke Q3 2017, namun produsen chipset smartphone yang satu ini tetap memimpin pasar dengan perolehan 42 persen dari keseluruhan pasar chipset. Selanjutnya, chipset buatan Apple berada di posisi kedua yang hanya mencapai 20 persen yang berarti hanya setengah dari Qualcomm.

Counterpoint chipset q3 2017

Selanjutnya chipset MediaTek yang laris manis untuk smartphone kelas mid-end dan low-end berhasil menduduki peringkat ketiga dengan perolehan 14 persen yang mengalami juga penurunan 4 perseb dari Q3 2016 ke Q3 2017. Tentu saja MediaTek sedang berusaha untuk mengembangkan chipset lebih menarik untuk mendongkrak penjualannya.

Selanjutnya, chipset Samsung berhasil menduduki peringkat keempat dengan perolehan 11 persen. Menariknya, Samsung berhasil mengalami kenaikan sebesar 3 persen dari Q3 2016 ke Q3 2017. Untuk posisi kelima dan keenam diisi oleh HiSilicon yang merupakan buatan Huawei dengan peroleh 8 persen dan Spreadtrum yang biasanya digunakan untuk smartphone low-end dengan perolehan 5 persen.

Menurut Neil Shah selaku Direktur Counterpoint Research, ke depannya fokus di pasar chipset (SoC) smartphone telah bergesar dari jumlah core menjadi integrasi teknologi baru yang mendorong pengalaman baru bagi penggunanya. Misalnya saja para vendor sedang berfokus menghadirkan pengalaman baru, seperti AR (Augmented Reality) / VR (Virtual Reality) / Depth Sensing dengan memanfaatkan ISP (Image Signal Processor), dan GPU yang terpadu.

Selain itu, terjadi juga pengembangan pada kecerdasan buatan atau Articial Intelligence (AI) engine, arsitektur keamanan khusus pada tingkat chipset, konektivitas yang disempurnakan yang membuka jalan untuk jaringan berteknologi 5G, dan kinerja chipset yang lebih tinggi pada tingkat konsumsi daya yang rendah.

Baca juga

Huawei sendiri telah meluncurkan chipset flagship Kirin 970 dengan Neural Processing Unit (NPU) yang dapat mengatur tugas AI. Sementara itu, Apple pun hampir merilis hal yang sama pada chipset A11 Fusion. Qualcomm juga telah meluncurkan Snapdragon 845 dengan fiur AI dan akan berada di pasar smartphone mulai Q1 2018. Menurut kabar dari Counterpoint mengatakan bahwa sepertiga smartphone yang dirilis tahun 2020 akan mendukung kecerdasan buatan atau AI.

Advertisement
Comments
Tech News

Mengajak atau Mengejek, Lihat Video Terbaru Apple ini!

Published

on

iOS vs Android
Apple kembali mengajak pengguna smartphone yang belum pernah merasakan iOS untuk beralih ke iPhone. Seperti biasa, ajakan Apple dilakukan dengan cara merilis dua video pendek yang lagi dan lagi, video tersebut di-posting oleh Apple sendiri ke YouTube. Tentu saja, ajakan Apple selaku pengembang iOS ini diarahkan kepada pengguna Android. Sebab, saat ini hanya Android satu-satunya sistem operasi mobile yang dianggap relevan sebagai lawan tangguh dari iOS. Lantas, seperti apa isi kedua video tersebut? Video pertama, Apple membandingkan App Store yang dimilikinya dengan marketplace lain. Secara langsung, Apple mengolok-olok bahwa marketplace selain App Store dianggap tidak aman. Dalam video tersebut digambarkan,...
Continue Reading
Tech News

TENAA Ungkap Spesifikasi Redmi S2

Published

on

Xiaomi Redmi S2
Setelah meluncurkan Mi MIX 2S, Redmi Note 5, dan Redmi Note 5 Pro, Xiaomi kabarnya sedang mempersiapkan Mi 6X dan Mi A2. Namun tak hanya itu, pabrikan smartphone asal Cina ini juga masih punya satu amunisi lainnya, yakni Redmi S2. Bahkan, bocorannya sudah diungkap oleh TENAA dan memiliki nomor model M1803E6E. Berdasarkan bocoran yang diungkap, Redmi S2 akan dikemas dengan layar berukuran 5,99 inci FullHD+ dan memiliki aspek rasio 18:9. Sementara, dimensi smartphone ini sendiri memiliki ukuran 160,73 x 77,26 x 8,1 mm dengan bobot seberat 170 gram. Xiaomi juga menyematkan sensor pemindai sidik jari di bagian belakang. Sedangkan untuk...
Continue Reading
Tech News

ASUS Lepas ZenFone Max M1 Seharga Rp1 Jutaan

Published

on

ASUS ZenFone M1
Kejutan yang diperlihatkan oleh ASUS di pasar Indonesia tak berhenti hanya di ZenFone Max Pro M1 dan ZenFone 5Q. Namun, pabrikan perangkat teknologi asal Taiwan ini juga memperkenalkan ZenFone Max M1 yang ditawarkan dengan harga benar-benar terjangkau. Tidak membawa embel-embel "Pro" sudah barang tentu ZenFone Max M1 dikemas sedikit berbeda. Ukuran baterainya sedikit lebih kecil, yakni hanya 4.000 mAh. Begitu juga dengan ukuran layarnya, ASUS hanya menyematkan layar berukuran 5,5 inci. Daya tarik lainnya, meskipun memiliki layar berukuran 5,5 inci, resolusi yang dihadirkan tetap sama dengan versi Pro, yakni layar penuh FullHD+ dan memiliki aspek rasio 18:9. ASUS pun mengklaim...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer