Kalah Saing dengan Smartphone, Sony Enggan Bikin Penerus PSP

Konsol portabel atau dikenal dengan istilah handheld menjadi satu dari sekian gadget yang tergerus dan mulai tergantikan oleh smartphone. Pasalnya, salah satu fungsi paling favorit dari smartphone saat ini adalah untuk bermain game.

Presiden Sony Computer Entertainment Shuhei Yoshida mengatakan iklim di industri mobile gaming tidak menguntungkan untuk mereka. Jadi, mereka belum memiliki rencana untuk menciptakan handheld baru penerus PlayStation Vita.

Saat ini, pengguna smartphone khususnya dengan sistem operasi Android dan iOS bisa memainkan beragam jenis game di smartphone mereka. Bahkan banyak game yang tersedia dan bisa di-download secara cuma-cuma meskipun di dalamnya terdapat in-app purchase.

Dibandingkan dengan game handheld yang mayoritas game-nya berbayar, bermain game di smartphone jadi lebih menarik. Bahkan smartphone masih menjadi perangkat favorit meski kualitas game yang ditawarkan masih berada di bawah game-game untuk handheld sekali pun.

Jadi, nantinya jangan heran apabila Sony atau bahkan Nintendo tidak lagi memproduksi perangkat gaming mobile dan justru menciptakan game mobile untuk iOS dan Android. Hal tersebut sudah diprediksi dengan begitu berkembangnya industri game di smartphone.

(last edit: 29 September, 2015 / 8:03 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
19%
Mau
0%
Biasa Aja
13%
Payah!
69%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.