Jangan Salah Pilih, Inilah Perbedaan Xiaomi Mi dan Redmi

Anda pasti sudah mendengar kabar peluncuran smartphone layar besar terbaru dari Xiaomi bernama Mi Note Pro bukan? Di balik peluncuran smartphone (phablet) tercepat di dunia tersebut ternyata meninggalkan sedikit kebingungan bagi para penggemar Xiaomi di Indonesia. Apa sebab?

Banyak orang bertanya-tanya, apakah Xiaomi seri Mi dan Redmi itu adalah produk yang sama? Pasalnya, ada smartphone Xiaomi Redmi Note, ada pula Xiaomi Mi Note. Ada Xiaomi Redmi 1S, ada pula Xiaomi Mi 1S. Hal ini yang menjadi penyebab kebingungan banyak orang yang belum terlalu mengenal Xiaomi.

Beda segmentasi

Perlu diketahui, Xiaomi Redmi dan Xiaomi Mi adalah dua jenis smartphone yang berbeda. Bisa dikatakan, varian Redmi dari Xiaomi lebih diperuntukkan bagi kalangan menengah dan entry-level. Hal ini bisa dilihat dari spesifikasi beberapa smartphone Redmi seperti Redmi 1S dan Redmi Note yang hanya menggunakan prosesor quad-core atau octa-core kelas menengah, baik dari Qualcomm Snapdragon maupun MediaTek.

Di lain sisi, Xiaomi Mi diciptakan untuk pengguna kelas menengah ke atas. Contohnya seperti Xiaomi Mi3, Mi4, Mi Note, hingga Mi Note Pro. Seluruhnya menggunakan prosesor kelas atas saat ini, yakni CPU quad-core atau quad-core Snapdragon 800 Series dari Qualcomm yang juga digunakan oleh smartphone high-end dari produsen lain.

Beda spesifikasi

Seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama, seri smartphone Xiaomi Redmi selain hanya dibekali prosesor kelas menengah, juga hanya dibekali kapasitas RAM 1 atau 2 GB saja. Begitu pun dengan kualitas kamera yang dimilikinya. Rata-rata smartphone seri Redmi hanya memiliki resolusi 8 MP saja (kecuali Redmi Note memiliki kamera 13 MP).

Pada smartphone seri Mi, selain memiliki prosesor tertinggi di kelasnya, juga ditunjang kapasitas RAM ekstra besar antara 3 hingga 4 GB. Sedangkan kameranya minimal sudah beresolusi 13 MP. Hal lain yang membedakan ada pada sisi desain, dimana varian Redmi rata-rata berbahan plastik, sementara varian Mi memiliki paduan material plastik dan aluminium atau stainless steel. Hal ini membuat varian Mi lebih terlihat elegan dan terasa mantap di tangan.

Redmi murah, Mi lebih mahal

Jika dibandingkan dari sisi harga, seluruh varian Xiaomi Redmi dibanderol di bawah US$300. Sebaliknya, seluruh varian Mi biasanya dijual di atas US$300. Contohnya adalah produk terbaru Xiaomi, yaitu Mi Note Pro yang memiliki harga cukup tinggi mencapai US$532. Jika dihitung menggunakan kurs Rupiah, harga smartphone seri Redmi biasanya tak lebih dari Rp2,5 juta, sedangkan harga smartphone seri Mi dipastikan ada di atas Rp3,5 juta.

Kesimpulan

Dari tiga poin yang telah kami beberkan di atas, seharusnya Anda sudah lebih mengerti perbedaan seri smartphone Xiaomi Redmi dan Mi. Xiaomi Redmi menawarkan spesifikasi kelas menengah dengan harga terjangkau bahkan murah, sedangkan Xiaomi Mi menawarkan spesifikasi terbaik dengan harga terjangkau yang terkadang tergolong mahal.

Di Indonesia, varian Redmi lebih banyak digemari karena memang sangat menarik dari sisi performa dan terutama harga. Xiaomi Mi tak selaris varian Redmi karena belum tersedia secara resmi di Indonesia, sehingga cukup sulit didapat.

(last edit: 11 July, 2015 / 2:29 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
58%
Mau
10%
Biasa Aja
17%
Payah!
14%
Tentang Penulis
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.