Jangan Beli iPhone 6s dengan Kapasitas 16 GB

Meski punya bentuk yang identik, Apple iPhone 6s dan iPhone 6s Plus punya lima perbedaan utama yang membuatnya lebih keren ketimbang dua pendahulunya, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Salah satunya adalah kamera iSight terbaru beresolusi 12 MP.

Sebelumnya, mulai dari iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, hingga iPhone 6 dan iPhone 6 Plus memiliki kamera 8 MP. Namun kini iPhone 6s memiliki resolusi kamera yang lebih tinggi, yakni 12 MP. Tidak hanya lebih ciamik dalam memotret, kamera tersebut juga sangat andal untuk merekam video.

iPhone 6s bisa digunakan untuk kebutuhan merekam video profesional dengan resolusi 4K. Hal ini memang bukan sesuatu yang baru, karena banyak smartphone Android yang juga bisa melakukannya. Namun apa yang bisa dilakukan iPhone 6s dalam merekam video bakal jauh lebih baik dibanding smartphone Android, terutama dalam hal mengunci fokus objek.

Jika Anda termasuk orang yang membeli iPhone 6s untuk kebutuhan foto, khususnya videografi, sebaiknya lupakan iPhone 6s dengan storage 16 GB. Pasalnya, merekam video 4K menggunakan iPhone 6s selama satu menit memakan kapasitas storage hingga 375 MB. Sedangkan untuk merekam video 1080p selama satu menit membutuhkan storage 130 MB.

Sekali lagi, kemampuan merekam video yang dimiliki oleh iPhone 6s memang ada di atas rata-rata kemampuan merekam video yang bisa dilakukan smartphone pada umumnya. Jadi, wajar saja ukuran file-nya bakal membengkak. Jika menggunakan iPhone 6s 16 GB, Anda hanya bisa merekam video 4K selama 40 menit, dengan catatan tidak meng-install aplikasi lain sama sekali. Namun jika tidak sering merekam video, kapasitas 16 GB masih terasa mencukupi.

(last edit: 13 September, 2015 / 8:21 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
75%
Mau
5%
Biasa Aja
5%
Payah!
16%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.