iPhone SE Ancam Smartphone Android Kelas Menengah

Gonjang-ganjing informasi seputar smartphone mini dari Apple, yakni iPhone SE, akhirnya terjawab sudah. Dini hari tadi, Apple menggelar sebuah acara khusus untuk memperkenalkan iPhone lama generasi baru tersebut.

Apple iPhone SE bisa jadi bakal semakin meruncingkan persaingan iOS dan Android serta merepotkan para produsen smartphone Android kelas menengah di harga Rp4-5 jutaan. Pasalnya Apple melanggar tradisi mereka yang kerap menjual mahal smartphone besutannya.

iphone-se-color

iPhone SE dibanderol dengan harga US$399 untuk varian 16 GB dan US$499 untuk varian 64 GB. Harga tersebut masih lebih murah ketimbang harga iPhone 5c saat pertama kali dirilis. Dengan harga Rp5 jutaan, iPhone SE pun menawarkan spesifikasi cukup ganas.

Bentuk iPhone SE boleh jadi mirip iPhone 5 dengan layar 4 inci. Namun spesifikasinya tak bisa diremehkan. Dengan harga lebih murah dari iPhone 5s, smartphone ini justru membawa prosesor Apple A9 yang digunakan pada iPhone 6s. Begitu pun dengan kameranya yang sudah beresolusi 12 MP dengan fitur Live Photos.

Tak ketinggalan, Apple menanamkan chip NFC sehingga iPhone SE bisa dijadikan alat pembayaran Apple Pay. Selain layar, yang membuatnya berbeda dari iPhone 6s adalah ketiadaan fitur 3D Touch serta kamera depan yang hanya 1,2 MP seperti iPhone 6.

(last edit: 27 March, 2016 / 12:00 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
53%
Mau
19%
Biasa Aja
17%
Payah!
11%
Tentang Penulis
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.