/ Apple

iPhone 8 Dilengkapi Banyak Sensor tapi Tanpa Fingerprint, Benarkah?

Tahun ini Apple merayakan 10 tahun kehadiran iPhone sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2007 silam. Tentu saja, perayaan ini tak akan disia-siakan oleh perusahaan yang saat ini dipimpin oleh Tim Cook dan rencananya di tahun ini Apple akan menggulirkan iPhone 8.

Tak hanya diperkaya dengan beragam fitur menarik di dalamnya, iPhone 8 juga dijanjikan akan memiliki beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki generasi iPhone sebelumnya. Sebut saja, dukungan layar penuh dengan bezel yang tipis dan hilangnya tombol Home pada bagian depan.

Terkait dengan dukungan layar penuh plus bezel tipis juga dibuktikan lewat bocoran gambar yang belum lama ini muncul di internet. Gambar yang diduga iPhone 8 ini juga menyisipkan informasi beberapa fitur yang kemungkinan akan dimuat oleh Apple ke dalam smartphone tersebut.

Fitur-fitur yang kemungkinan akan dimuat meliputi Iris Sensor, Receiver, FaceTime, dan Infrared Sensor. Sayangnya, dalam bocoran gambar yang diduga iPhone 8 ini tidak menyertakan fitur Touch ID Sensor sehingga hal ini menimbulkan berbagai perdebatan mengenai penempatannya.

Beberapa spekulasi menyebutkan bahwa Touch ID Sensor (fingerprint) ini akan ditempatkan pada tombol Power yang diposisikan pada sisi bagian pinggir perangkat. Tentu saja, hal ini sangat mirip dengan yang dimiliki beberapa smartphone seri Xperia racikan Sony.

Spekulasi lainnya juga menyebutkan bahwa sensor yang terkait dengan keamanan ini akan ditempatkan di kaca bagian belakang perangkat. Ada juga yang mengatakan, Touch ID Sensor ini akan berada di bawah layar. Kabar buruknya, tak sedikit yang menyebutkan jika Apple tak memuat Touch ID ke dalam iPhone 8.

Alasan yang mengatakan bahwa Apple tak akan memuat Touch ID pada iPhone 8, karena fitur keamanan tersebut akan digantikan dengan teknologi biometrik yang menggunakan Iris. Benarkah demikian? Ada baiknya kita perlu menunggu hingga smartphone ini benar-benar dirilis resmi oleh Apple.

(last edit: 7 August, 2017 / 12:28 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
39%
Mau
10%
Biasa Aja
9%
Payah!
44%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.