Intel Berhenti Ciptakan Prosesor untuk Smartphone

Nama besar Intel tentu tidak ada yang menyangsikan. Intel adalah perusahaan raksasa yang membuat prosesor untuk desktop PC dan notebook. Di segmen mobile (smartphone), nama Intel sempat berkibar ketika berjalan bersama smartphone ZenFone dari ASUS.

Sayangnya, menurut laporan dari Anandtech, Intel bakal segera angkat kaki dari industri smartphone. Tidak ada lagi prosesor Intel terbaru yang bakal digunakan di platform smartphone. Ya, Intel akan menghentikan produksi prosesor Intel Atom yang masuk dalam lini produk Intel SoFIA dan Broxton.

Dengan begitu, artinya Intel bakal terus konsentrasi menggarap dan menguasai pasar desktop PC dan notebook. Sementara pasar mobile bakal diperebutkan Qualcomm, MediaTek, Exynos, dan HiSilicon Kirin. Selain Intel, NVIDIA yang juga punya nama besar di platform desktop juga kalah bersaing di platform mobile.

Selain pasar desktop PC dan notebook, Intel juga akan menggarap pasar datacenter, IoT (internet of things), serta infrastruktur jaringan 5G. Belum diketahui apakah Intel benar-benar akan meninggalkan segmen smartphone dan kapan akan kembali membuat prosesor untuk ZenFone dan smartphone Android lainnya.

(last edit: 1 May, 2016 / 10:53 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
7%
Mau
2%
Biasa Aja
12%
Payah!
79%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Samsung Galaxy S8 dan Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.