Inilah Spesifikasi Minimal untuk Jalankan Windows 10 Mobile

Bulan Maret 2015 lalu Microsoft telah mengungkapkan spesifikasi hardware yang harus dipenuhi untuk dapat menikmati sistem operasi Windows 10 versi desktop. Kini, Microsoft mengumumkan spesifikasi hardware yang harus dipenuhi agar Windows 10 versi mobile dapat beroperasi pada smartphone.

Untuk dapat menikmati Windows 10 mobile, setidaknya smartphone harus memiliki layar 800 x 480 piksel, RAM 512 MB, memori internal 4 GB, serta kamera beresolusi VGA. Tombol back, home, dan search akan dibutuhkan untuk smartphone yang memiliki layar beresolusi rendah.

Sementara untuk chipset yang menjadi bagian hardware terpenting, Windows 10 Mobile mendukung SoC ARM dan x86 berbasis 32-bit. Untuk Windows 10 Mobile, Microsoft sendiri tidak mengharuskan kehadiran sensor Accelerometer serta modul Bluetooth.

Spesifikasi hardware minimal yang harus dipenuhi ternyata tidak terlalu tinggi. Bahkan, smartphone low-end pun dapat memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh Microsoft. Dengan begitu, bisa jadi seluruh smartphone berbasis Windows Phone yang baru akan dirilis, seluruhnya akan menggunakan Windows 10.

(last edit: 23 July, 2015 / 9:26 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
17%
Mau
67%
Biasa Aja
6%
Payah!
11%
Tentang Penulis
Aqmal Maulana

Pengguna Sony Xperia Z1. Awalnya bekerja sebagai hardware reviewer di majalah CHIP Indonesia serta jurnalis di Metro TV News, Aqmal yang begitu antusias dengan perkembangan teknologi PC dan gadget.