Inilah Smartphone OPPO yang Ternyata Dirakit di Indonesia

Tak hanya menjelaskan berbagai kegiatan yang berlangsung di pabrik OPPO, pihak OPPO juga memberikan penjelasan tentang produk apa saja yang dirakit di sana. Hingga saat ini, ada tiga tipe smartphone yang sudah dirakit di pabrik yang berada di Tangerang, Banten ini.

Tiga smartphone yang dirakit tersebut adalah OPPO Joy Plus (R1001), OPPO Neo5 (R1201) dan OPPO Joy 3 (A11W). Sementara untuk tipe smartphone OPPO lainnya yang beredar di pasar Indonesia masih langsung didatangkan dari Cina secara utuh.

Dalam waktu dekat ini, OPPO berencana untuk menambah dua tipe smartphone lagi yang akan dirakit di pabrik tersebut. Salah satu di antaranya adalah OPPO Mirror 5. Untuk jangka panjangnya, OPPO berencana untuk merakit semua tipe smartphone buatannya, termasuk lini smartphone flagship OPPO.

Untuk menandakan produk smartphone yang dirakit di Indonesia, OPPO memberikan sebuah stiker yang mengandung kalimat “Dibuat di Indonesia”. Stiker ini ditempelkan pada bodi bagian belakang smartphone setelah proses perakitan selesai. Proses perakitan ini sendiri terdiri dari beberapa tahap, yakni assembling (merakit dan menyatukan modul), pengecekan secara eksternal, pengecekan manual dan otomatis, quality control, dan packaging.

Pada bagian quality control, OPPO melakukan berbagai pengetesan sebelum smartphone dikemas ke dalam kardus. Hampir seluruh komponen yang ada diuji, seperti pengetesan kamera, sinyal, loudspeaker, mic, port USB, dan juga layar LCD. OPPO juga melakukan berbagai pengujian ekstrem jika diperlukan.

(last edit: 26 August, 2015 / 9:15 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
48%
Mau
8%
Biasa Aja
28%
Payah!
16%
Tentang Penulis
Aqmal Maulana

Pengguna Sony Xperia Z1. Awalnya bekerja sebagai hardware reviewer di majalah CHIP Indonesia serta jurnalis di Metro TV News, Aqmal yang begitu antusias dengan perkembangan teknologi PC dan gadget.