Connect with us
TUF
Tech News

Inilah Nama Resmi Android P yang Sesungguhnya

Sudah cukup lama kita menantikan nama dari sistem operasi mobile terbaru besutan Google, Android P. Kini, nama itu pun sudah resmi muncul dan Google juga memaparkan sebagian fitur cerdas yang ada di dalam Android P.

Updated

Google secara resmi mengumumkan versi utama Android berikutnya, yakni yang disebut dengan Android 9 Pie. Pembaruannya siap meluncur dalam bentuk Stable Version dan akan tersedia untuk di-download segera di perangkat Pixel.

Selanjutnya, perangkat dari OEM yang masuk ke dalam program Beta bersama Google akan mendapatkan pembaruannya sekitar bulan September atau Oktober tahun ini. Android Pie adalah rilis utama Android ke-9 dan bakal menjadi penerus Android Oreo yang diperkenalkan pada tahun lalu.

Disebutkan, pembaruan ini memperkenalkan beberapa fitur baru yang sangat berkaitan erat dengan teknologi machine learning untuk membuat smartphone menjadi lebih pintar. Salah satu fitur baru yang turut diperkenalkan adalah Adaptive Battery.

Fitur ini sengaja dihadirkan oleh Google untuk mengkalkulasi sejumlah aplikasi yang sebenarnya tidak sering kalian gunakan dan akan meminimalisir penggunaan daya. Dengan begitu, kapasitas baterai yang terpasang pada smartphone kalian bisa lebih hemat.

Ada juga fitur baru lainnya, yakni Adaptive Brightness. Dari namanya, sudah jelas fitur ini berkaitan dengan kecerahan layar. Ya! Fitur ini sangat membantu untuk menyesuaikan lebih optimal kecerahan layar smartphone dengan lokasi kalian berada.

Pemanfaatan teknologi machine learning juga bertujuan untuk membuat semua tugas yang sering kalian  dilakukan bisa berjalan lebih cepat. Contoh lainnya adalah Slice, yakni fitur baru yang lebih memudahkan pengguna untuk melakukan pencarian lebih cepat dalam sebuah aplikasi.

Contoh lainnya App Actions, yang memasukkan tindakan lebih cepat ke dalam app launcher pada waktu-waktu tertentu berdasarkan aktivitas yang sering kalian lakukan. Misalnya, kalian bisa mengatur navigasi dengan cepat untuk menuju ke kantor atau memutar musik kesukaan saat mencolokkan headphone.

Android Pie juga memperkenalkan sistem navigasi yang baru. Tiga tombol di bagian bawah sekarang digantikan dua tombol. Untuk memanggil mode Overview, kalian cukup menggesek ke ata di aplikasi apa pun. Kalian juga dapat berinteraksi dengan konten yang ada lewat jendela Overview tanpa harus beralih.

Baca juga

Notifications juga telah diperbarui, dengan ikon lingkaran baru dan model preview yang lebih diperluas untuk pesan dengan opsi smart reply. Selain itu, Google juga akan menyematkan fitur Digital Wellbeing yang juga mencakup dashboard yang baru dan lebih cerdas.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.