Connect with us
Asus ROG
Tech News

Inilah Lima Penguasa Pasar Smartphone Indonesia Q3 2017

Droidlime.com,

/

Samsung Galaxy Note 8 Headerz

Lewat hasil riset terbarunya, IDC menyebutkan bahwa selain Cina dan India, Indonesia juga jadi pasar yang dianggap subur untuk memasarkan smartphone. Hal ini juga terlihat jelas, tak sedikit produsen smartphone yang berlomba-lomba merilis perangkat terbarunya di pasar Indonesia.

Belanja iklan secara jor-joran, hingga memanfaatkan publik figur alias artis untuk memasarkan produknya di Indonesia juga dilakukan oleh banyak produsen smartphone. Jelas, tujuannya mereka tak ingin kehilangan pangsa pasar yang dianggapnya begitu potensial.

Lantas, dari sekian banyak produsen smartphone yang berlomba-lomba di pasar Indonesia, siapa yang paling unggul? Laporan IDC menyebutkan bahwa pasar smartphone Indonesia pada kuartal ketiga tahun 2017 ini masih digenggam oleh Samsung.

IDC sendiri mencatat, pada kuartal ketiga tahun 2017 ini ada 7,2 juta unit smartphone yang berhasil dipasarkan di Indonesia. Samsung berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 30 persen. Sementara, OPPO yang berada di peringkat kedua memiliki pangsa pasar sebesar 25,5 persen.

Bisa dibilang, pemasaran OPPO memang dari tahun ke tahun semakin gencar di Indonesia, baik secara online maupun offline. OPPO juga tak pernah berhenti untuk menggandeng aktor atau artis papan atas Tanah Air saat merilis produk terbarunya.

IDC Top 5 Indonesia Q3 2017

Seperti saat merilis OPPO F5 yang diperkenalkan pada pertengahan November 2017 ini, OPPO menggandeng Chelsea Islan. Tak hanya itu, OPPO pada peluncuran beberapa produk smartphone sebelumnya juga menggandeng Raisa dan aktor ganteng, Reza Rahadian.

Kembali ke laporan IDC mengenai pasar smartphone Indonesia pada kuartal ketiga 2017, peringkat ketiga dipegang oleh Advan. Hal ini menarik, karena Advan adalah satu-satunya produsen smartphone lokal yang berhasil bertengger di lima besar dengan pangsa pasar 8,3 persen.

Peringkat keempat diduduki oleh Vivo dengan perolehan pangsa pasar sebesar 7,5 persen. Jelas, keberhasilan Vivo hingga menyodok keposisi keempat juga tak lepas dengan strategi mereka yang jor-joran dalam beriklan serta menggunakan begitu banyak brand ambassador.

Lantas, siapa juru kunci atau peringkat kelima yang ikut merasakan nikmatnya kue pasar Indonesia pada kuartal ketiga 2017 ini? Adalah Xiaomi! Ya, perusahaan yang dipimpin oleh Lei Jun ini berhasil menguasai pangsa pasar Indonesia sebesar 6,2 persen.

Pertanyaan menggelitik pun timbul, mengapa Xiaomi akhirnya bisa menyalip ke peringkat kelima? Dugaan kami, hal ini karena Xiaomi berhasil menunjukkan komitmennya dengan membawa beberapa produk unggulan yang dimiliki ke Indonesia.

Baca juga

Selain itu, Xiaomi sendiri juga sudah lolos aturan TKDN yang ditetatpkan oleh pemerintah dengan membuka pabrik di Batam. Para Mi Fans di Indonesia pun juga dimanjakan dengan hadirnya Mi Store yang dijanjikan pada tahun depan akan terus bertambah.

Advertisement
Comments
MWC 2018

Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ Resmi Dirilis!

Published

on

s9official
Untuk kali pertama, akhirnya kami bisa menyaksikan langsung acara peluncuran smartphone flagship perdana tahun 2018 yang dirilis oleh raksasa smartphone Samsung. Bertempat di Barcelona, duo Galaxy S9 dan Galaxy S9+ resmi diumumkan pada Minggu (25/02) waktu setempat. Sebagai suksesor Galaxy S8, sudah barang tentu Samsung meracik Galaxy S9 dengan bahasa desain yang serupa, yakni Infinity Display yang minim bezel. Untuk Galaxy S9 memiliki layar 5,8 inci, sementara Galaxy S9+ berlayar 6,2 inci. Panel layarnya sama-sama Super AMOLED dengan rasio 18,5:9 dan resolusi Quad HD+. Bodinya masih terbuat dari paduan metal pada rangka dan kaca berlapis Gorilla Glass pada bagian belakangnya...
Continue Reading
MWC 2018

HMD Lahirkan Flagship Nokia 7 Plus dan 8 Sirocco di MWC 2018

Published

on

Nokia 8 Sirocco
Desus-desus HMD Global akan menghadirkan Nokia 7 Plus dan Nokia 8 Sirocco ditahun ini terjawab sudah. Pabrikan smartphone asal Finlandia tersebut telah memperkenalkan Nokia 7 Plus dan Nokia 8 Sirocco secara resmi di ajang MWC 2018. Nokia 7 Plus adalah smartphone pertama lini Nokia yang mengadopsi layar 18:9 dengan bentang layar berukuran 6 inci Full HD+. Selain itu, smartphone ini juga menjadi perangkat pertama dari HMD Global yang dibekali dengan chipset Snapdragon 660. Berbicara soal desain, Nokia 7 Plus dikemas dari satu blok aluminium yang kemudian dilapisi enam lapisan cat dengan balutan terakhir berupa keramik. Hasilnya, Nokia 7 Plus memiliki...
Continue Reading
Tech News

Sudah Dirilis, Nokia 1 jadi Android Go Pertama HMD Global

Published

on

Nokia 1 1
Meskipun bocoran sudah terdengar sejak beberapa bulan belakang ini, HMD Global akhirnya menepati janji untuk merilis smartphone Android entry-level terbarunya, Nokia 1. Perangkat ini hadir sebagai smartphone pertama lini Nokia yang masuk ke dalam Android Go besutan Google. Berbasis sistem operasi Android Oreo, Nokia 1 juga membawa serangkaian aplikasi pra-install dari Google, termasuk YouTube Go, Files Go dan Maps Go. HMD Global mengemas smartphone ini dengan layar berukuran 4,5 inci FWVGA dengan aspek rasio konvensional, yakni 16:9. Smartphone ini juga dilengkapi dengan internal storage berkapasitas 8 GB. Namun pengguna tak perlu khawatir, pasalnya Nokia 1 masih disokong dengan slot microSD....
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer