Inilah Kerugian Menggunakan Smartphone dengan Resolusi Tinggi

Resolusi layar seringkali menjadi tolok ukur seseorang dalam menilai kualitas smartphone. Kualitas layar yang bersih, terang, serta memiliki sudut pandang luas akan membuat pengguna merasa nyaman berlama-lama menatap layar smartphone.

Lalu, bagaimana dengan fenomena resolusi layar smartphone super tinggi hingga resolusi 2K? Samsung Galaxy S6, LG G4, hingga OPPO Find 7 adalah contoh smartphone dengan resolusi 2K. Kualitas layarnya tentu sangat memanjakan mata. Namun di balik keindahan layarnya, resolusi tinggi juga memberikan dampak yang merugikan. Untuk itu, berikut kami sajikan fakta resolusi layar 2K pada smartphone.

Teknologi kasat mata

Resolusi layar yang lebih tinggi otomatis akan meningkatkan kerapatan layar. Semakin tinggi resolusi dan kerapatan layar, tampilannya akan semakin baik dan jernih. Namun sayangnya, mata manusia sejatinya tidak bisa melihat kerapatan layar di atas angka 400 ppi, alias hanya bisa melihat resolusi secara optimal hingga resolusi full HD.

Hanya optimal untuk browsing

Dari pengalaman kami menjajal beberapa smartphone dengan resolusi 2K, keuntungan yang paling terasa adalah ketika menggunakannya untuk browsing. Resolusi 2K dapat menampilkan tulisan dengan sangat padat dan detail. Karenanya, membuka halaman web maupun membaca dokumen atau e-book jadi terasa begitu nikmat.

Bagaimana dengan menonton video? Selama Anda memutar video dengan resolusi HD, tampilan layarnya terlihat baik. Namun tampilannya baru akan terlihat maksimal ketika Anda memutar video dengan resolusi full HD atau bahkan 4K. Sebaliknya, jika Anda memutar video dengan resolusi di bawah 720p, tampilannya justru akan terlihat sangat pecah.

Bermain game jadi lebih berat

Sama halnya ketika menonton video, bermain game HD menggunakan smartphone dengan layar 2K tentu akan lebih menyenangkan. Namun jangan salah, ada hal penting lainnya yang harus Anda perhitungkan. Semakin tinggi resolusi layar, semakin berat beban yang harus ditanggung oleh CPU (prosesor) dan GPU (grafis).

Jika disuruh memilih, dengan senang hati kami akan lebih memilih smartphone dengan resolusi 720p karena tidak memberatkan kerja CPU dan GPU. Game dapat dimainkan dengan lebih lancar. Hal ini sudah kami buktikan ketika menjalankan game Reckless Racing 3 (lebih berat dari Asphalt 8). Game dapat berjalan lancar pada smartphone dengan resolusi 720p dan berjalan kurang lancar pada smartphone dengan layar 2K sekelas LG G4 sekalipun.

Resolusi tinggi menguras baterai

Selain memberatkan kerja CPU dan GPU, resolusi layar yang terlampau tinggi juga membuat layar smartphone membutuhkan konsumsi daya yang juga lebih tinggi. Hal tersebut membuat daya baterai smartphone menjadi lebih cepat habis.

Jadi, jika saat ini Anda menggunakan smartphone dengan resolusi layar 720p atau 1080p dan sedang berpikir untuk beralih menggunakan smartphone dengan resolusi 2K, ada baiknya Anda berpikir ulang. Pasalnya, resolusi 2K pada layar smartphone yang hanya berukuran 5 hingga 6 inci tak akan terlihat maksimal.

(last edit: 11 July, 2015 / 2:13 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
80%
Mau
4%
Biasa Aja
11%
Payah!
4%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.