Connect with us
ZFLive
Featured
MWC 2018

Inilah Jajaran Smartphone Kece Jebolan MWC 2018

Droidlime.com,

/

Pagelaran teknologi termegah di dunia, MWC 2018 telah usai diselenggarakan. Namun hingga detik ini kenangan dan keseruan acara tersebut masih membekas di dalam benak kami. Ya! Sungguh beruntung, tahun ini kami diberikan kesempatan untuk menghadiri event besar tersebut secara langsung di Barcelona.

Pada event tersebut, sederet produsen teknologi berlomba-lomba untuk memamerkan beragam smartphone terbarunya. Lantas, smartphone apa saja yang telah rilis pada ajang MWC kemarin? Inilah daftarnya.

Samsung Galaxy S9 & Galaxy S9+

Dalam sebuah acara bertajuk “Samsung Unpacked 2018”, perusahaan asal Korea selatan ini memperkenalkan smartphone generasi terbaru sekaligus menjadi penerus seri Galaxy S8, yakni Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+.

Duo smartphone ini tentu membawa sejumlah perubahan dan peningkatan. Perubahan yang signifikan tampak jelas pada Galaxy S9+. Pasalnya smartphone ini jadi seri Galaxy S pertama yang mengusung teknologi dual-camera yang dilengkapi pula dengan teknologi dual-aperture serta dual OIS.

Di sisi lain, meski hanya dibekali satu kamera saja, kualitas kamera belakang Galaxy S9 juga telah mengalami proses optimasi yang diklaim jauh lebih baik dari seri sebelumnya. Sebut saja AR Emoji, kemampuan merekam video super slow mo 960 fps, dan Bixby Live Translate.

Bicara soal perbedaan, Samsung Galaxy S9 dan S9+ memiliki perbedaan ukuran. Galaxy S9 hadir dengan ukuran layar 5,8 inci, sedangkan Galaxy S9+ hadir dengan ukuran layar 6,2 inci.

Sementara untuk bahasa desainnya masih mirip dengan seri sebelumnya, mungkin Samsung belum bisa move on dari konsep Infinity Display yang diusung. Namun, pada seri kali ini Samsung telah memindahkan letak sidik jari tepat di bawah kamera belakang.

Beralih ke sisi dapur pacu, keduanya sudah menggunakan chipset terkuat dan terbaru milik Qualcomm, yakni Snapdragon 845 serta chipset buatan Samsung sendiri, yakni Exynos 9810. Performa chipset tersebut ditunjang pula oleh RAM 4 atau 6 GB serta storage hingga 256 GB.

Sony Xperia XZ2 & Xperia XZ2 Compact

Perusahaan asal Negeri Matahari Terbit ini tak mau kalah. Meski saat ini pamor smartphone buatannya tengah mengalami keredupan, namun faktanya hal itu tak mematahkan harapan Sony untuk terus eksis menciptakan dan merilis sebuah smartphone.

Diawal tahun ini, Sony merilis dua smartphone flagship Xperia XZ2 dan XZ2 Compact. Berdasarkan tren yang tengah digandrungi para konsumen, Sony akhirnya mendesain dua smartphone tersebut dengan konsep minim bezel dan layar 18:9. Kendati pun begitu, Sony masih mempertahankan desain khas milik mereka lewat material kaca.

Dua smartphone ini membawa fitur yang cukup keren, salah satunya adalah kemampuan perekaman slow motion 960 fps Full HD dan Dynamic Vibration System. Sesuai dengan namanya, seri dengan embel nama “Compact” memiliki ukuran yang lebih mungil yakni 5 inci. Bagaimana untuk dapur pacu? Dua smartphone flagship terbaru Sony ini dianugerahi chipset Snapdragon 845 yang dipadukan pula dengan RAM 4 GB.

LG V30s ThinQ

Tahun lalu, LG telah merilis smartphone flagship jagoannya, LG V30. Dirasa kurang menarik, bahkan sempat dirumorkan akan gulung tikar, LG mencoba peruntungan dengan merilis LG V30s. Tambahan nama “S” yang dibawa sepertinya memiliki makna speed atau peningkatan kecepatan.

Karenanya, smartphone ini memiliki RAM hingga 6 GB dan memori internal 128 GB. Kapasitas RAM dan ROM yang jauh lebih besar dari LG V30 tahun 2017. Selain mengalami peningkatan dapur pacu, LG juga menyediakan warna bodi baru pada seri kali ini. Adapun peningkatan lain yang ditawarkan adalah dukungan AI.

ZTE Blade V9

Salah satu produsen smartphone tertua di Cina, yakni ZTE juga turut meramaikan pasar penjualan smartphone tahun ini. Ya! Rival sejati Huawei dan Xiaomi itu merilis smartphone andalan terbarunya untuk kelas mid-range: ZTE Blade V9.

Tak main-main, smartphone ini telah dibekali teknologi dual-camera 16 MP, layar bezel-less berukuran 5,7 inci, serta lapisan bodi aluminium dan kaca yang begitu mengkilap. Dapur pacunya dipercayakan pada Snapdragon 450, RAM 4 GB, dan storage 64 GB.

ASUS ZenFone 5 series

ASUS tahun ini kembali mencuri perhatian banyak orang dengan menghadirkan sederet smartphone teranyarnya. Bukan duo lagi, kini ASUS merilis trio smartphone sekaligus, yakni ZenFone 5, ZenFone 5Z dan ZenFone 5 Lite.

Ketiga seri tersebut tentu membawa keunikan yang berbeda-beda. Namun, seri ZenFone 5Z dan ZenFone 5 sempat jadi buah bibir akibat layar poni yang diusung. Ya! Smartphone ini benar-benar mirip “merek sebelah”, bahkan letak dual-camera belakangnya pun sangatlah identik. Sementara ZenFone 5 Lite membawa layar 18:9 tapi tidak memiliki poni.

Untuk dapur pacu ketiganya jelas memiliki kekuatan yang berbeda-beda, ASUS ZenFone 5Z menggunakan chipset Snapdragon 845 dengan RAM 8 GB. Sementara ASUS ZenFone 5 menggunakan chipset kelas menengah Snapdragon 636 dengan RAM 4/6 GB dan ZenFone 5 Lite menggunakan chipset entry-level yakni Snapdragon 430 dan Snapdragon 630 dengan RAM 3/4 GB.

Vivo APEX

Smartphone ini futuristik karena memiliki layar dengan bezel yang tipis, rasio screen-to-body yang tinggi, serta fitur baru yang benama Half-Screen In-Display Fingerprint Scanning Technology

Terlihat APEX memiliki kamera depan 8 MP yang unik karena berada di dalam dan nantinya akan secara otomatis terangkat ke atas hanya dalam waktu 0,8 detik. Apabila sudah tidak digunakan maka akan masuk secara otomatis.

Kabarnya, smartphone keren satu ini baru saja diperkenalkan secara resmi di Cina dan akan memasuki tahap produksi. Bukan cuma desain yang menarik, Vivo APEX juga diperkuat chipset flagship Snapdragon 845.

Nokia 7 Plus, Nokia 8 Sirocco, Nokia 8110 4G

Semenjak diakuisisi oleh HMD Global, Nokia makin konsisten melahirkan deretan smartphone baru. Tahun lalu, perusahaan ini sukses meluncurkan kembali ponsel legendaris mereka, Nokia 3110 di MWC 2017.

Kini HMD Global kembali merilis seri ponsel “pisang” atau biasa yang disebut ponsel The Matrix (karena dipopulerkan melalui film The Matrix), apalagi kalau bukan Nokia 8110. Bedanya, Nokia 8110 seri zaman now telah mengusung teknologi 4G.

Tak hanya menghidupkan kembali ponsel lamanya, HMD Global juga meluncurkan smartphone Android anyar Nokia 8 Sirocco. Smartphone ini diposisikan sebagai smartphone flagship. Artinya, Nokia Sirocco membawa chipset Snapdragon 835 yang dipadukan dengan RAM 6 GB, layar P-OLED, dual-camera Zeiss 12 MP, serta pengisian daya nirkabel.

Ada pula smartphone Nokia lainnya yang juga memeriahkan MWC 2018. Mereka adalah Nokia 7 Plus, smartphone Android One pertama Nokia dengan layar 18:9 serta dukungan dual-camera, New Nokia 6 yang telah mendapat peningkatan hardware (Snapdragon 660), dan jagoan entry-level Nokia 1.

Advertisement
Comments
Featured

5 Alasan Xiaomi Redmi 5A jadi Smartphone Terlaris di Dunia

Published

on

Kabar gembira kembali datang dari Xiaomi. Pasalnya, salah satu smartphone buatan perusahaan asal Cina ini dinobatkan menjadi smartphone terlaris di dunia. Tak lain dan tak bukan, smartphone tersebut adalah Xiaomi Redmi 5A. Sejak dirilis pada tahun 2017 lalu, smartphone ini memang menguasai pasar penjualan smartphone. Ditunjuk sebagai smartphone entry-level, Xiaomi Redmi 5A menawarkan spesifikasi yang sangat dasar selayaknya smartphone entry-level lainnya. Tapi mengapa smartphone ini bisa laku keras? Mungkin lima indikasi ini cukup akurat untuk menjawabnya. Harga terlalu murah Seperti yang kita tahu, smartphone ini dijual resmi di Indonesia dengan harga Rp999.000 saja. Untuk sebuah smartphone berbasis Android, harga yang...
Continue Reading
Featured

5 Rekomendasi Laptop Murah untuk Video Editing

Published

on

Video saat ini menjadi konten digital yang paling banyak disukai oleh pengguna internet. Tak sedikit pengguna internet mencari informasi yang diinginkannya dalam bentuk video, entah itu untuk kebutuhan hiburan ataupun edukasi. Tentu saja, dari sudut pandang seorang kreator video, ini menjadi sebuah kesempatan "emas" bagi mereka untuk terus menciptakan konten-konten video yang menarik. Tak hanya dari sisi pembuat, tetapi juga bisa dinikmati dari sisi konsumen. Pertanyaannya, apakah Anda tertarik untuk terjun ke industri ini? Perlu persiapan matang dan perangkat kerja yang mumpuni untuk mengahsilkan konten video yang menarik dilihat oleh banyak orang. Selain kamera, tentu saja Anda mesti mempunya laptop...
Continue Reading
Featured

5 Fitur Menggoda ASUS ZenFone Max Pro (M1)

Published

on

ASUS membuka kuartal pertama tahun ini dengan strategi bisnis yang berbeda. Setelah berhasil meluncurkan smartphone kelas atas ZenFone 5 series di MWC 2018, produsen asal Taiwan ini menggoda para gadget mania dengan merilis smartphone terjangkau nan bertenaga. Smartphone yang kami maksud adalah ZenFone Max Pro (M1). Kedatangan smartphone ini mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat Indonesia, terbukti flash sale yang ludes hanya dalam hitungan menit saja. Lantas, sebenarnya fitur apa saja yang diusung oleh ASUS ZenFone Max Pro (M1)? Dan apakah fitur yang disuguhkan sebanding dengan harga jualnya? Inilah lima hal menggoda dari ASUS ZenFone Max Pro (M1) yang...
Continue Reading

Wajib baca

Populer