Inilah Fitur-fitur Unggulan Microsoft Windows 10

Pada saat meresmikan Windows 10, Microsoft membeberkan berbagai fitur unggulan yang dimilikinya. Di antaranya adalah start menu yang lebih fleksibel, Cortana, Windows Defender, Windows Hello, Microsoft Edge, dan Continuum.

Berbeda dengan Windows 8 dan Windows 8.1, start menu yang ada pada Windows 10 tampil lebih fleksibel sehingga dapat digunakan dengan nyaman pada berbagai platform, baik tablet, desktop PC, notebook, dan perangkat lainnya. Start menu pada Windows 10 merupakan gabungan antara start menu klasik yang ada di Windows 7 dan start menu modern yang ada di Windows 8 dan Windows 8.1. Dengan begitu, Microsoft berharap para pengguna Windows 7 yang berjumlah dua miliar bisa familiar dengan Windows 10.

Sementara Cortana merupakan asisten pribadi buatan Microsoft yang sebelumnya hadir untuk Windows Phone 8.1. Dengan adanya Cortana pada Windows 10, kini Anda tak hanya dapat menikmati Cortana pada smartphone, tetapi juga tablet, desktop PC, Xbox One, dan lain-lain. Tak hanya sebagai sumber informasi dan hiburan, Cortana juga dapat membantu Anda untuk mencari file apapun yang terselip di dalam media penyimpanan Anda.

tampilan-2in-10

Tampilan Windows 10 pada platform desktop PC dan notebook.

Untuk meningkatkan keamanan pada Windows 10, Microsoft menghadirkan Windows Hello dan Windows Defender. Melalui Windows Hello, Anda dapat melakukan login Windows dengan berbagai ciri fisik yang Anda miliki, seperti sidik jari, wajah, maupun retina mata. Sementara Windows Defender membantu melindungi Windows 10 dari berbagai virus dan malware. Pada Windows 10, Microsoft mengklaim bahwa Windows Defender yang terpasang merupakan kelas enterprise sehingga Anda tidak perlu lagi meng-install antivirus tambahan.

Pada Windows 10, Anda tidak akan menemui browser bernama Internet Explorer lagi. Sebagai gantinya, Microsoft sudah menyiapkan Microsoft Edge. Browser pengganti Internet Explorer ini jauh lebih pintar karena dapat terintegrasi dengan Cortana. Tak hanya itu, Anda juga bisa mencorat-coret halaman website yang sedang Anda kunjungi. Hal ini berguna pada saat Anda presentasi ataupun ingin berbagi gambar.

Bagi para pengguna tablet atau perangkat 2-in-1, Microsoft menghadirkan fitur Continuum. Melalui fitur ini, Anda dapat mengganti PC mode ke tablet mode. Pada saat menggunakan tablet mode, berbagai aplikasi akan tampil fullscreen. Sedangkan pada saat menggunakan PC mode, Anda dapat me-minimize jendela aplikasi.

(last edit: 30 July, 2015 / 1:39 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
91%
Mau
9%
Biasa Aja
0%
Payah!
0%
Tentang Penulis
Aqmal Maulana

Pengguna Sony Xperia Z1. Awalnya bekerja sebagai hardware reviewer di majalah CHIP Indonesia serta jurnalis di Metro TV News, Aqmal yang begitu antusias dengan perkembangan teknologi PC dan gadget.