Inilah Cara Pintar Samsung Menghemat Baterai Galaxy Note 7

Menikmati resolusi ekstra tinggi (QHD) di smartphone memang sangat memanjakan mata. Tak heran jika ada banyak produsen yang menciptakan smartphone flagship dengan resolusi layar QHD. Meski menawarkan kualitas tinggi, resolusi QHD bukan tanpa kelemahan.

Dampak negatif dari resolusi layar yang tinggi adalah baterai yang semakin cepat habis. Produsen smartphone nomor satu di dunia, Samsung, tak hilang akal menyiasati hal ini. Pada smartphone flagship terbarunya nanti, Galaxy Note 7, Samsung bakal menyediakan fitur khusus untuk menurunkan resolusi layar.

note-7-display

Cara kerjanya mirip seperti mengatur resolusi pada perangkat berbasis Windows. Samsung Galaxy Note 7 bakal punya resolusi native 2.560 x 1.440 piksel. Untuk menghemat baterai, pengguna akan diberi pilihan untuk menurunkan resolusi menjadi 1.920 x 1.080 piksel atau 1.280 x 720 piksel.

Selain mengubah resolusi, pengguna juga bisa mengunci tingkat kecerahan layar di angka tertentu. Fitur ini kemungkinan akan hadir bersamaan dengan UI TouchWiz versi terbaru. Samsung Galaxy Note 7 sendiri rencananya bakal diperkenalkan dan mulai dijual bulan Agustus ini untuk meneruskan kejayaan Samsung tahun ini.

(last edit: 2 August, 2016 / 8:27 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
76%
Mau
4%
Biasa Aja
12%
Payah!
8%
Tentang Penulis
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.