/ Samsung

Ini Kendala Samsung dan Apple Mewujudkan Fingerprint di Balik Layar

Dua raksasa smartphone Samsung dan Apple saat ini sedang berlomba mewujudkan teknologi sensor fingerprint di balik layar smartphone. Ada kemungkinan teknologi ini bakal disematkan pada Galaxy Note 8 dan iPhone 8.

Tapi rencana Samsung dan Apple itu belum tentu bisa berjalan dengan baik. Pasalnya menyematkan sensor fingerprint di balik layar bukanlah hal yang mudah. Belakangan diketahui salah satu kendala yang dihadapi adalah soal brightness atau kecerahan layar.

Berdasarkan pengakuan salah satu suplier komponen fingerprint di balik layar (@Ice Universe), Samsung mengalami kondisi dimana bagian layar yang tertanam sensor fingerprint menyala lebih terang dibanding area lainnya.

Mereka pun mengklaim kalau masalah yang sama juga terjadi pada Apple. Karenanya perusahaan asal California itu juga memiliki rencana cadangan untuk menempatkan sensor fingerprint iPhone 8 pada bagian tombol power, sama seperti smartphone flagship Sony.

Sedangkan pada Galaxy Note 8, jika implementasi sensor fingerprint di balik layar gagal, maka penempatannya kemungkinan besar bakal ada di bodi belakang layaknya Galaxy S8. Namun dengan posisi yang lebih relevan.

(last edit: 19 June, 2017 / 9:59 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
47%
Mau
5%
Biasa Aja
10%
Payah!
39%
Tentang Penulis
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.