Ini Fitur dan Daftar Perangkat Xiaomi yang Mendapat MIUI 7

Selain memperkenalkan Xiaomi Redmi Note 2 dan Redmi Note 2 Prime, Xiaomi juga mengumumkan keberadaan MIUI versi terbarunya. Di tengah-tengah konferensi pers di Beijing yang diadakan pada 13 Agustus 2015 kemarin, Xiaomi meluncurkan MIUI 7. Tak hanya itu, Xiaomi juga menjanjikan MIUI 7 akan dapat dinikmati oleh seluruh smartphone Xiaomi yang baru.

Tidak hanya smartphone baru yang akan menikmati MIUI 7, Xiaomi juga berencana merilis update software untuk beberapa smartphone lainnya yang banyak digunakan orang di seluruh dunia. Perangkat yang akan mendapatkan update MIUI 7 di antaranya adalah Xiaomi Mi 2, Mi 2S, Mi 2A, Mi 3, Mi 4, Mi 4i, Mi Note, Redmi 1S, Redmi 2, dan Redmi Note. Update software ini sudah mulai didistribusikan di Cina secara over-the-air (OTA). Sedangkan untuk global, Xiaomi baru akan mendistribusikan MIUI 7 pada 19 Agustus 2015. Belum diketahui kapan MIUI 7 dapat dinikmati oleh pengguna Xiaomi di Indonesia.

Berbeda dengan MIUI 6 yang berbasis Android Lollipop 5.0.2, pada versi 7, MIUI menggunakan Android Lollipop versi 5. Dengan menggunakan versi Android yang lebih baru, MIUI 7 pun dihiasi oleh beragam fitur baru. Pada MIUI 7, Xiaomi menyematkan beberapa theme baru. MIUI 7 juga dilengkapi dengan aplikasi MI Roaming yang memungkinkan pengguna untuk membeli paket data melalui server Xiaomi dan menggunakannya sebagai SIM card virtual saat bepergian sehingga tidak perlu mengganti SIM card.

Anda juga dapat menyisipkan video untuk masing-masing orang yang tersimpan di dalam kontak. Pada saat orang tersebut menelepon Anda, video yang sudah disisipkan pun akan diputar secara otomatis. Untuk Anda yang sudah punya anak, Kids mode tersedia untuk membatasi konten yang ada di smartphone. Xiaomi juga men-gupdate modul gallery pada MIUI 7. Gallery pada MIUI 7 kini dilengkapi dengan fitur face recognition sehingga Anda dapat menyortir gambar berdasarkan wajah pada menu People Tab.

(last edit: 18 August, 2015 / 1:39 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
24%
Mau
65%
Biasa Aja
8%
Payah!
3%
Tentang Penulis
Aqmal Maulana

Pengguna Sony Xperia Z1. Awalnya bekerja sebagai hardware reviewer di majalah CHIP Indonesia serta jurnalis di Metro TV News, Aqmal yang begitu antusias dengan perkembangan teknologi PC dan gadget.