Connect with us
ROG GL504
Tech News

Ini Dia Sensor ISOCELL Terbaru yang Bakal Diusung Galaxy S9

Published
ISOCELL 480fps
Advertisement

Selain smartphone dan prosesor, Samsung juga mengembangkan sensor kamera sendiri, yakni ISOCELL. Saat ini diam-diam Samsung sudah menyiapkan sensor ISOCELL baru yang katanya untuk diterapkan pada flagship Galaxy S9. Sensor ini bakal punya kemampuan yang hampir setara dengan sensor Sony IMX400 yang bisa merekam video slow motion 960 fps.

Berkat 3-stack Fast Read Out Sensor (FRS) dan Dual Pixel Super Phase Detection Sensor (Super PD) yang disatukan pada sensor ISOCELL baru ini, membuat kamera bisa membidik dan mengunci fokus lebih cepat dan akurat dibanding generasi sebelumnya. Secara cerdas, Super PD dapat mengidentifikasi jarak benda yang bergerak cepat, bahkan ketika cahaya kurang sekalipun.

ISOCELL Super PD

Pihak Samsung telah mengonfirmasi sensor ISOCELL terbarunya ini mampu merekam video slow motion 480 fps pada resolusi Full HD (1.080p). Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+ hanya mampu merekam video slow motion 240 fps pada resolusi HD (720p).

Dengan kata lain, pengguna Galaxy S9 akan mendapatkan kamera dengan kemampuan merekam video dengan dua kali lipat framerate (fps) dalam resolusi lebih tinggi dari Galaxy S8. Tentu saja apabila sensor ISOCELL terbaru ini mampu merekam video 480 fps pada resolusi Full HD (1.080p) maka secara teoritis mampu mereka video 960 fps pada resolusi HD (720p).

Sebelumnya Sony merupakan perusahaan pertama yang membawa sensor dual-stacked melalui smartphone Xperia yang mampu merekam video 960 fp. Namun pada implementasinya tidak sepenuhnya intuitif karena pengguna hanya bisa merekam aksi selama beberapa detik saja dan sulit diketahui adegan mana yang terekam.

Baca juga

Kita berdoa saja, semoga sensor triple stacked buatan Samsung bisa mengatasi batasan durasi video. Nantinya Samsung Galaxy S9 akan memiliki kamera 12 MP dengan aperture dinamis f/1.5 hingga f/2.4 sesuai dengan skenario pengambilan foto. Untuk itu, mari kita tunggu saja berita terbaru dari Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ dalam ajang MWC 2018 mendatang.

Comments

Wajib baca

Populer