Ini Dia Jagoan Android Kelas Menengah Istimewa dari Samsung

Marketshare smartphone di Indonesia kini tengah dikuasai oleh perangkat Android. Dari ratusan jenis perangkat yang tersedia, porsi pasar paling besar ada di smartphone kelas entry-level dan mainstream (menengah). Pasalnya, negara berkembang seperti Indonesia atau India memiliki banyak penduduk dengan daya beli bervariasi dan didominasi oleh penduduk berdaya beli yang tak terlalu tinggi.

Melihat tren dan fakta ini, Samsung cukup aktif menciptakan smartphone berkualitas dengan spesifikasi mumpuni untuk menjangkau pasar mayoritas di Indonesia. Selain memasarkan smartphone tercepatnya Samsung Galaxy S6, Samsung juga baru saja membawa duet Galaxy E5 dan E7. Kedua smartphone ini diklaim memiliki kualitas optimal di berbagai sisi. Apa saja keunggulannya?

Tipis dan ekstra ringan

Samsung Galaxy E5 dan E7 masing-masing memiliki ukuran layar 5 dan 5,5 inci. Ukuran layarnya besar, tapi bobotnya ekstra ringan! Ketebalan keduanya cuma 0,7 cm, sedangkan bobotnya nggak lebih dari 150 gram! Mutlak, Samsung Galaxy E5 dan E7 menjadi salah satu smartphone 5 dan 5,5 inci paling ringan saat ini.

Samsung Galaxy E5 dan E7 juga tidak merepotkan ketika Anda hendak menyimpannya. Samsung Galaxy E5 bisa "diselipkan" dengan mudah di saku celana depan. Sementara Samsung Galaxy E7 tak akan merepotkan ketika disimpan di saku belakang celana Anda.

Nge-game lancar

Tidak bisa dimungkiri, 6 dari 10 orang yang punya smartphone pasti bakal menggunakannya untuk bermain game. Entah itu game offline atau pun game online. Untuk itu, kami juga mencoba kemampuan Samsung Galaxy E Series untuk menjalankan beberapa game. Mulai dari game ringan hingga game berat.

Pertama, kami menjalankan game yang lumayan ringan, yaitu Dragon Hills. Game berjalan lancar dan setelah 10 menit, suhu smartphone ada di sekitar 36 derajat Celcius yang artinya ada di bawah suhu rata-rata smartphone saat ini.

Selanjutnya, kami mengujinya dengan game UFC (Ultimate Fighting Championship). Sama seperti Dragon Hills, game berjalan lancar dan nyaman. Terakhir, kami juga mengujinya dengan game berat sekelas GT Racing 2 yang ukurannya super besar di atas 1 GB. Lagi-lagi, permainan dapat berjalan dengan lancar!

Jadi, apa pun game yang sering Anda mainkan, seharusnya akan berjalan lancar di kedua smartphone ini. Yang tidak kalah menarik, main game juga jadi lebih asyik karena layar Super AMOLED 720p yang punya saturasi warna optimal.

Kamera jernih dan responsif

Satu lagi nih faktor penting yang harus dimiliki sebuah smartphone masa kini, yaitu kamera jernih dan nggak ngerepotin. Samsung Galaxy E5 punya kamera 8 MP, sedangkan Samsung Galaxy E7 punya kamera 13 MP. Kameranya dapat menghasilkan gambar yang bersih dan detail.

Yang cukup mengejutkan, kameranya memiliki jarak fokus yang cukup dekat dengan obyek sehingga bisa memotret dan menghasilkan foto close-up maupun bokeh dengan optimal. Untuk kamu yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Samsung Galaxy E Series bisa cek di sini.

*Artikel ini disponsori oleh Samsung GALAXY E Series.

(last edit: 16 July, 2015 / 12:51 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
79%
Mau
0%
Biasa Aja
7%
Payah!
14%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.