Ini Bedanya lol, haha, hahaha, dan hahahaha….

Ada banyak cara orang untuk mengekspresikan tertawanya melalui teks. Dua kata yang paling umum digunakan adalah "lol" dan "haha". Namun kini "lol" hampir tidak ada yang menggunakannya. Hal ini disampaikan oleh Facebook berdasarkan hasil penelitian terkait dengan cara orang tertawa secara online.

Dari hasil penelitian Facebook yang dilakukan oleh tim khusus sejak Mei 2015, "lol" kini sudah mati dan telah digantikan oleh "haha". Penelitian tersebut juga mengatakan bahwa "haha" sudah menjadi kata yang paling umum dan populer digunakan untuk mengekspresikan tertawa. Sementara penggunaan emoji menduduki peringkat kedua setelah kata "haha" pada jeraring sosial Facebook.

Melalui penelitian yang Facebook lakukan, Facebook juga menjelaskan perbedaan antara "haha", "hahaha", dan "hahahahhhhahahahaha". Menurut Facebook, cara tertawa dengan menggunakan enam huruf, "hahaha" merupakan hal yang sangat umum. Sementara haha-ers (orang yang gemar tertawa "haha") akan menggunakan akan menggunakan huruf yang lebih panjang lagi.

Haha-ers juga sedikit lebih terbuka daripada Hehe-ers (orang yang gemar tertawa "hehe") untuk menggunakan huruf berjumlah ganjil. Contoh yang paling sering ditemui adalah "hahaas" dan "hhhhaaahhhaas". Sementara "lol" selalu berdiri sendiri meskipun ada beberapa spesimen langka seperti "lolz" dan "loll".

Sedangkan emoji tunggal kini sudah digunakan sebanyak 50 persen. Sangat jarang orang menggunakan lebih dari lima emoji berturut-turut dalam satu posting. Kemungkinan, emoji merupakan cara yang mudah dan singkat untuk menyampaikan berbagai bentuk tawa.

(last edit: 11 August, 2015 / 11:05 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
15%
Mau
10%
Biasa Aja
55%
Payah!
20%
Tentang Penulis
Aqmal Maulana

Pengguna Sony Xperia Z1. Awalnya bekerja sebagai hardware reviewer di majalah CHIP Indonesia serta jurnalis di Metro TV News, Aqmal yang begitu antusias dengan perkembangan teknologi PC dan gadget.