Connect with us
ROG GL504
Tech News

iFixit: Samsung Galaxy S9+ Cukup Sulit Diperbaiki

Published
iFixit Galaxy S9
Vivo V11 Pro

Samsung sudah memperkenalkan Galaxy S9 dan S9+ ke pasar smartphone global. Tak perlu menunggu lama, pada tanggal 16 Maret 2018, Samsung pun langsung mengirimkan smartphone tersebut ke tangan konsumen. Masuk ke dalam jajaran smartphone flagship, harga yang ditawarkan memang tidak murah.

Namun terkait dengan harga yang ditawarkan, Samsung juga menjanjikan bahwa smartphone ini menawarkan banyak hal baru di dalamnya. Tak hanya pembenahan di sektor kamera, Samsung juga turut menyematkan beragam fitur menarik yang benar-benar bermanfaat bagi pengguna.

Tak hanya itu, Samsung juga menegaskan bahwa mereka mengemas duo Galaxy S9 Series ini dengan sejumlah komponen unggulan, mulai dari baterai, kamera serta beberapa komponen lainnya. Lantas, bagaimana jika smartphone ini mengalami kerusakan? Dan apakah lebih mudah untuk melepas semua komponen yang ada?

iFixit Galaxy S9 2

Seperti biasa, untuk urusan bongkar membongkar smartphone yang masuk dalam jajaran flagship, iFixit selalu rutin melakukannya. Tak terkecuali, Samsung Galaxy S9+ turut menjadi “korbannya”. Setelah berhasil dibongkar, iFixit memberikan nilai 4 dari total 10 poin dalam hal reparasi.

Sebagai perbandingan, Pixel 2 XL dari Google yang pernah juga dibongkar oleh iFixit mendapatkan skor di atas rata-rata 6 poin. Sedangkan Essential Phone yang dibuat oleh Andy Rubin hanya mendapat skor 1 dan Galaxy Note8 besutan Samsung juga mencetak nilai yang sama dengan Galaxy S9+, yakni 4 dari 10 poin.

Seperti dikutip dari AndroidPolice, tim iFixit yang mencoba melepas seluruh modul yang menempel pada Galaxy S9+ memang tak mudah untuk melakukannya. Disebutkan, untuk melepas baterai dan layar yang terpasang diperlukan usaha yang kuat.

Namun tidak untuk beberapa modul lainnya, seperti kamera dan pemindai iris. Keduanya cukup mudah untuk dilepas dari komponen utamanya. Begitu juga dengan motherboard yang terpasang, semua modul yang menempel di kedua sisi motherboard tersebut dapat dilepas meskipun butuh sedikit usaha.

Baca juga

Melihat begitu sulitnya melepas dua modul utama, yakni baterai dan layar, cukup masuk akal jika iFixit memberikan skor 4 dari 10 poin. Hal ini bisa disimpulkan, Galaxy S9+ tidaklah mudah untuk direparasi dan diperlukan penanganan khusus jika smartphone ini mengalami masalah, terutama terkait dengan baterai dan layar.

Comments

Wajib baca

Populer