/ Apple

iFixit Bongkar Apple iPhone X, Beri Nilai 6

Antrean panjang di sejumlah Apple Store menjadi bukti betapa menakjubkannya pesona iPhone X di mata para gadget freak. Bahkan, tak sedikit orang yang rela antri selama empat hari penuh guna mendapatkan smartphone baru besutan Apple tersebut.

Selain menghadirkan desain kekinian, iPhone X juga menyajikan beragam kecanggihan yang belum pernah ada pada seri iPhone lainnya. Tentu saja, dibalik kecanggihan iPhone X pasti ada komponen dan sistem yang mendukungnya.

Penasaran, seperti apa kecanggihan komponen serta sistem perangkat kerasa yang disematkan oleh Apple ke dalam iPhone X? Adalah iFixit yang berani untuk membongkar langsung smartphone besutan Tim Cook Cs tersebut.

Apple iPhone X teardown 3

Pertama-tama, iFixit melepas layar OLED berukuran 5,8 inci yang terpasang pada iPhone X. Setelah layar terbongkar, nampak jelas beberapa komponen yang dirangkai oleh Apple yang tersemat utuh di dalam smartphone ini.

Ada perbedaan yang mencolok antara konstruksi iPhone X dengan seri iPhone sebelumnya.
Salah satunya adalah dua baterai yang membentuk huruf “L”. Pemisahan baterai ini dilakukan Apple untuk menyesuaikan komponen lain yang berdekatan dengan socket baterai.

Satu hal yang tak kalah menarik, iPhone X memiliki logic board yang lebih kecil dibandingkan yang ada pada seri iPhone sebelumnya. Ukuran logic board yang kecil memungkinkan Apple menyematkan baterai dengan kapasitas yang sedikit lebih besar dari iPhone 8.

Apple iPhone X teardown 4

Sedikit informasi untuk kalian, iPhone X oleh Apple dibekali dengan baterai berkapasitas 2.716 mAh. Pada logic board, Apple juga menempatkan chipset A11 Bionic yang telah dibekali kemampuan neural engine (kecerdasan buatan) dan M11 motion coprocessor.

Selain itu, ada pula LPDDR 4x besutan SK Hynix asal Korea Selatan dan RAM sebesar 3 GB. Toshiba pun turut andil dengan menyuplai komponen internal storage berkapasitas 64 GB. Tak ketinggalan, untuk konektivitas, Apple mempercayakan modem Snapdragon X16 LTE.

Lebih jauh, iFixit pun berhasil membongkar kamera yang terpasang pada iPhone X.Nampak jelas, Apple menyiapkan bracket khusus untuk memasang dual-camera belakang vertikalnya. Sementara konektor Lightning juga diperkuat bracket dengan ukuran yang lebih luas.

Apple iPhone X teardown 2

Pada bagian depan, terdapat TrueDepth kamera yang berfungsi merealisasikan fitur Face ID dan Animoji. TrueDepth kamera tersebut terdiri dari Infrared camera, Flood illuminator, Proximity sensor, Ambient Light sensor, kamera depan dengan resolusi 7 MP dan Dot projector.

Tepat diantara komponen tersebut, Apple juga menyisipkan speaker dan microphone. Setelah membedah iPhone X, iFixit memberikan skor perbaikan 6 untuk smartphone ini. Dengan begitu, iPhone X masuk kedalam smartphone yang sulit untuk diperbaiki.

(last edit: 7 November, 2017 / 11:14 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
24%
Mau
0%
Biasa Aja
38%
Payah!
38%
Tentang Penulis
David Theo

Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.