Connect with us
MaxProM1
Tech News

IDC: Pertumbuhan Xiaomi Paling Ngacir di Pasar Global

Updated
Xiaomi IDC

2017 merupakan tahun yang penuh dengan kompetisi bagi sebagian pabrikan smartphone ternama. Mereka saling berlomba-lomba menyuguhkan perangkat terbaik sehingga konsumen tertarik untuk membelinya.

Tak hanya menyuguhkan desain yang terlihat indah, seperti dukungan layar penuh, para pabrikan smartphone tersebut juga mengemas perangkat buatannya dengan spesifikasi hardware yang mumpuni serta beragam fitur menarik.

Lantas, tahukah Anda siapa saja pabrikan smartphone yang sukses mengarungi perjalananya pada tahun lalu? Lembaga riset ternama IDC sudah merilis laporannya mengenai pengapalan smartphone ke pasar global pada kuartal keempat 2017.

IDC mencatat pengiriman smartphone ke pasar global mencapai angka 403,5 juta unit. Angka tersebut mengalami penurunan sebesar 6,3 persen Year on Year (YoY). Apple, Samsung, Huawei, Xiaomi, dan OPPO adalah lima pabrikan teratas dalam hal pangsa pasar.

Apple disebutkan oleh IDC sebagai pemuncak pimpinan memiliki total pengiriman sebanyak 77,3 juta unit. Tidak diragukan lagi, tiga iPhone terbaru, yakni iPhone 8, 8 Plus dan iPhone X turut berkontribusi.

IDC Survey

Selanjutnya, pada peringkat kedua dipegang oleh Samsung yang berhasil mengapalkan perangkatnya sebesar 74,1 juta unit. Disusul perikat ketiga, yakni Huawei yang sukses mendistribusikan perangkatnya sebesar 41 juta unit.

Satu hal yang menarik, IDC juga mencatat bahwa Xiaomi akhirnya bisa menggeser OPPO yang kini harus puas berada di peringkat kelima. Pabrikan smartphone yang dikomandoi oleh Lei Jun ini berhasil menduduki posisi keempat dengan pengapalan perangkat sebanyak 28,1 juta unit.

Tak hanya itu, Xiaomi juga tercatat sebagai satu-satunya pabrikan yang mengalami pertumbuhan sangat signifikan dibandikan empat pabrikan lainnya. Disebutkan, pada kuartal keempat tahun lalu Xiaomi hanya mampu mengapalkan perangkatnya sebanyak 14,4 persen.

Sedangkan empat pabrikan lainnya mencatat rata-rata penurunan sebesar 6,3 persen dalam volume pengiriman perangkat Year on Year (YoY). Sangat jelas, ini sebuah keberhasilan tersendiri dan sekaligus tantangan bagi Xiaomi untuk kembali berkompetisi ditahun ini.

Xiaomi memang memiliki daya juang tinggi untuk kembali mencatatkan namanya di pasar smartphone global. Tak sekadar menyuguhkan banyak produk, mereka juga berani memasarkan perangkat yang memiliki spesifikasi tinggi, namun dijual dengan harga terjangkau.

Baca juga

Lantas, apakah Apple dan Samsung akan mampu bertahan diposisinya saat ini di tahun 2018? Atau justru OPPO yang berada di peringkat kelima akan mengejar ketertinggalannya? Persaingan masih terus berjalan dan DroidLime akan terus menyuguh informasi seperti ini hanya untuk Anda.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.