Connect with us
UX370-JOE
Tech News

IDC: Pasar Smartphone Kelas Menengah di Indonesia Semakin Luas

Droidlime.com,

/

IDC Market Smartphone Indonesia

International Data Corporation (IDC) lewat laporan terbarunya mengenai Quarterly Mobile Phone Tracker mengungkapkan bahwa penjualan smartphone di Indonesia pada kuartal kedua 2017 mencapai 7,9 juta unit atau tumbuh 1 persen (Year-on-Year).

Dibandingkan pada kuartal sebelumnya, angka penjualan tersebut juga tumbuh 9 persen. Disebutkan, perayaan Ramadhan jadi pemicu pertumbuhan dibanding kuartal pertama 2017. Hal ini lantaran banyaknya potongan harga dan penawaran promosi yang menarik.

Laporan lainnya juga menyebutkan, smartphone kelas menengah terutama yang ada dikisaran harga US$200 – USS$400 menyumbang 28 persen dari pangsa pasar. Hal ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dari 13 persen pada tahun lalu.

Market Share Smartphone di Indonesia

Hal ini juga mencerminkan perubahan permintaan konsumen untuk mengupgrade perangkat yang ada di tangan konsumen ke perangkat dengan spesifikasi yang lebih baik, terutama untuk hiburan, produktivitas dan pengalaman bermain game yang lebih baik.

Maraknya konsumen mau membeli smartphone kelas menengah juga didorong banyak munculnya perusahaan pembiyaan mikro, seperti Homecredit, Aeon Credit, Kredivo, dan Akulaku. Perusahaan-perusahaan tersebut memungkinkan konsumen yang tak memiliki kartu kredit tetap bisa membeli smartphone dengan cara cicilan selama periode tertentu.

Pertumbuhan pengiriman smartphone kelas menengah juga didorong maraknya produsen global, seperti dari Cina yang berlomba-lomba masuk ke pasar Indonesia. Mereka dipandang sebagai tawaran menarik oleh perusahaan pembiyaan mikro dengan kemampuan untuk menghadirkan produk yang juga berkualitas.

Lalu, bagaimana dengan para produsen smartphone lokal? Dalam laporan tersebut, IDC menyebutkan bahwa pemain lokal mulai terlihat merampingkan protofolio produk yang dibuat dengan fokus pada model utama.

Meskipun sebagian besar produsen smartphone lokal sekarang ini memiliki portofolio yang lebih ramping, namun pendistribusian smartphone 4G mereka mencakup lebih dari setengah dari total keseluruhan pengiriman smartphone yang mereka lakukan.

Di sisi lain, para pemain smartphone kelas atas juga telah membawa persaingan ke level yang berbeda. IDC mencatat, bahwa mereka berani untuk menawarkan spesifikasi serta fitur yang menarik, namun dijual dengan harga terjangkau.

Tak hanya itu, untuk menarik lebih banyak konsumen, para produsen smartphone kelas atas tersebut juga berlomba-lomba untuk memperluas layanan purna jual yang dimilikinya. Ini juga yang membuat kelangsungan hidup produsen kecil di pasar smartphone semakin terhimpit.

Sementara itu, Samsung pada kuartal kedua 2017 tetap masih menjadi jawara di pasar smartphone Indonesia. Produsen smartphone asal Korea Selatan tersebut dibuntuti oleh OPPO yang berada di peringkat kedua.

Menariknya, ditengah gempuran produsen smartphone global, Advan adalah satu-satunya produsen lokal yang mampu bertahan. Terbukti, IDC mencatat bahwa Advan berada di peringkat ketiga dengan menyisihkan ASUS dan Xiaomi yang berada di peringkat keempat dan kelima.

Advertisement
Comments
Tech News

Rilis Akhir Mei 2018, Harga HTC U12+ 128 GB Sudah Terungkap

Published

on

HTC U12 Plus Leak
Meskipun pasar HTC tak begitu sukses di tahun lalu, bukan berarti pabrikan smartphone asal Taiwan ini tak punya senjata andalan di tahun ini. Ya! HTC tetap berupaya eksis di pasar smartphone dengan rencana mereka untuk menggulirkan HTC U12+. Kabar yang beredar, HTC U12+ diperkirakan akan digulirkan pertama kali di pasar Taiwan pada akhir bulan Mei atau awal Juni 2018. Masuk ke dalam jajaran smartphone unggulan, sudah barang tentu HTC tak main-main untuk menyematkan spesifikasi dapur pacunya. Dugaan sementara, HTC akan mempercayakan Snapdragon 845 sebagai otak utama dari HTC U12+. Untuk mengimbangi kemampuan chipset yang dibenamkan, smartphone ini juga akan disokong...
Continue Reading
Tech News

Brosur ini Ungkap Tiga Model Meizu 15 yang Akan Segera Meluncur

Published

on

Meizu 15 Launch
Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Meizu pada tanggal 22 April 2018 akan memperkenalkan Meizu 15. Ya! Artinya tinggal hitungan jari, kita akan bisa mengetahui secara resmi dan lebih detail mengenai smartphone yang sengaja dihadirkan untuk memperingati ulang tahun Meizu. Namun, lewat sebuah bocoran brosur yang sepertinya tercecer dari saku seseorang di Cina, Meizu tak hanya menghadirkan Meizu 15, tetapi juga ada dua model lainnya, yakni Meizu 15 Plus dan Meizu M15 yang diperkirakan ini adalah model Lite. Nampak informasi spesifikasi dari dua model yang ada, Meizu akan melengkapinya dengan dukungan kamera ganda 12 MP + 20 MP. Lensa utama memiliki...
Continue Reading
Tech News

OnePlus 6 akan Dibanderol Sekitar Rp8,4 Jutaan

Published

on

OnePlus 6 Leak
Tidak lama lagi OnePlus akan merilis smartphone andalannya ditahun ini yang digadang-gadang akan menjadi suksesor OnePlus 5T, yakni OnePlus 6. Bahkan beberapa minggu belakang ini, bocoran mengenai smartphone tersebut sudah ramai dibicarakan di internet. Bisa dibilang, OnePlus tak hanya menjanjikan untuk menghadirkan OnePlus 6 dengan bahasa desain yang katanya lebih baru, tetapi juga spesifikasi yang lebih berbobot. Bahkan OnePlus beberapa kali memberikan teaser bahwa smartphone ini nantinya masih akan menawarkan kecepatan sebagai senjata utamanya. Kabar terbaru yang juga beredar di internet, disebut-sebut OnePlus 6 akan diperkenalkan pada tanggal 18 Mei 2018. Namun yang cukup mengagetkan adalah info soal tempat peluncurannya...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer