/ Huawei

IDC: Huawei Akan Rebut Posisi Apple di Pasar Smartphone Global

Informasi mengejutkan datang dari IDC, lembaga riset ternama yang getol melakukan penelitian dan analis di banyak industri, termasuk industri smartphone. Pernyataan yang mengejutkan tersebut adalah IDC memprediksi bahwa Huawei akan menyalip Apple.

Tentu saja, perkiraan tersebut bukan tanpa alasan. IDC melihat bahwa perusahaan asal Cina tersebut mampu memperlihatkan perkembangan market share di pasar global yang positif, baik pada tahun ini maupun tahun-tahun mendatang.

Sebenarnya ini bukanlah laporan pertama yang menyebutkan tentang pergeseran pasar yang menguntungkan Huawei. Sebelumnya, laporan serupa juga datang dari pergerakan industri di pasar Taiwan.

Dalam laporannya disebutkan bahwa Huawei akan memperoleh predikat sebagai produsen smartphone terbesar kedua di dunia dalam jumlah pengiriman perangkat. Dengan predikat tersebut artinya Huawei akan menendang Apple dari kompetisi ini.

Menariknya, laporan tersebut juga mengacu dari kesenjangan Huawei dan Apple yang telah dipersempit dengan kinerja perusahaan pada kuartal kedua tahun 2017. Tercatat, Huawei berhasil mengapalkan 38,5 juta unit perangkat atau menguasai 11,3% pangsa pasar global.

yang saat ini dipimpin oleh asal Cina   yang mengalahkan Apple. Menariknya, kesenjangan Huawei dan Apple telah dipersempit dengan kinerja

IDC sendiri mengatakan bahwa Apple pada kuartal yang sama di tahun ini telah mendistribusikan perangkatnya sebanyak 41 juta unit atau menguasai 12% pangsa pasar. Terlihat, selisihnya sangat kecil, yakni hanya 2,5 juta unit saja.

IDC juga meyakini bahwa chipset Kirin 970 yang sudah mendukung kecerdasan buatan ikut berkontribusi bagi pertumbuhan Huawei. Diperkirakan, hadirnya Mate 10 Series yang mengusung chipset tersebut mampu meningkatkan penjualan smartphone Huawei di Cina.

Dengan keberhasilan tersebut, tidak tertutup kemungkinanan bagi Huawei untuk merebut posisi kedua di pasar smartphone dunia dari tangan Apple. Dengan begitu, sudah bisa dipastikan persaingan di industri smartphone pada tahun depan masih tetap sengit.

Francisco Jeronimo selaku direktur riset di IDC untuk perangkat mobile berpendapat bahwa Huawei adalah penantang terbesar Apple dan Samsung. Terlihat jelas, Huawei terus memperlihatkan perkembangan yang positif di industri smartphone.

Francisco juga meyakini, Huawei diperkirakan akan menyalip Apple di tahun ini atau tahun depan. Namun, tak sedikit analis yang berpendapat bahwa kenaikan Huawei mungkin bersifat sementara dan akan berkurang saat Apple mulai memasarkan iPhone terbarunya di banyak negara.

Membantah hal itut, pihak IDC tetap berkeyakinan kenaikan Huawei di industri smartphone akan tetap ada. Untuk itu mari kita tunggu saja, apakah IDC mampu membuat ramalannya menjadi kenyataan atau tidak?

(last edit: 26 October, 2017 / 9:59 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
75%
Mau
4%
Biasa Aja
18%
Payah!
4%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.