Connect with us
ZF5
Tech News

Huawei Garap Kirin 980, Gunakan Pabrikasi 7nm

Droidlime.com,

/

Selain Qualcomm, MediaTek, dan Samsung, raksasa smartphone asal Cina, yakni Huawei juga dikenal mampu menciptakan chipset yang tak kalah menarik. Adalah Kirin chipset yang berhasil dikembangkan oleh Huawei untuk menandingi Snapdragon, Helio atau pun Exynos.

Chipset Kirin kelas atas yang berhasil dikembangkan oleh Huawei pada tahun lalu adalah Kirin 970. Bukan sekadar chipset biasa yang ditujukan untuk perangkat mobile, Kirin 970 juga oleh Huawei dibangun dengan menyisipkan artificial intelligent ke dalamnya, atau yang dikenal dengan Neural Processing Unit (NPU).

Kabar terbaru, Huawei pada tahun ini memiliki rencana untuk menciptakan penerus dari Kirin 970, yakni Kirin 980. Berbeda dengan generasi sebelumnya, Kirin 980 akan menjadi chipset mobile pertama yang dibuat lewat teknologi pabrikasi 7nm. Rencananya, chipset ini akan diproduksi oleh manufaktur asal Taiwan, yakni TSMC.

Meskipun belum diketahui mengenai konfigurasi spesifikasi hardware dan fiturnya, namun banyak yang memprediksi bahwa Kirin 980 akan memiliki NPU yang lebih baik dibandingkan dengan Kirin 970. Seperti kita ketahui, Huawei telah memuat Kirin 970 ke dalam salah satu smartphone flagshipnya, yakni P20 Pro dan P20.

Baca juga

Diperkirakan, Kirin 980 pertama kali akan dimuat ke dalam keluarga Mate 20. Selanjutnya, Huawei juga akan memuat chipset ini ke dalam smartphone lini P Series terbarunya yang diperkirakan muncul pada tahun depan. Bocorannya, Kirin 980 akan menggunakan Cortex-A75 dan GPU yang lebih bertenaga, serta menyisipkan fitur Bluetooth 5.0.

Advertisement
Comments

Wajib baca

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.