Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX531
Featured

Huawei Nova 3i vs iPhone X: Si Mewah Beda Kasta

Perbandingan dua smartphone berbodi mewah dengan segmen berbeda, iPhone X vs Huawei Nova 3i. Mana yang kamu pilih?

Updated

Dari membaca judulnya saja, beberapa dari kalian tentu sudah berpikiran bahwa pemenangnya adalah Apple iPhone X. Meski begitu, Huawei Nova 3i tidak boleh dianggap remeh. Saat kami mencobanya ada beberapa fitur di smartphone dengan warna gradasi tersebut yang tidak bisa diungguli iPhone X. Penasaran apa saja? Cek di sini.

Desain

Berbicara tentang desain, kedua bodi smartphone ini dibuat dari bahan kaca di bagian depan dan belakang, sedangkan untuk pinggirannya dari bahan metal. Penggunaan material kaca ini tentu membuat smartphone jadi terlihat berkilau, terutama saat terkena cahaya.

Untuk dimensi bodinya, Huawei Nova 3i sedikit lebih besar dengan dimensi 157.6 x 75.2 x 7.6 mm sedangkan iPhone X hanya 143.6 x 70.9 x 7.7 mm. Begitu juga dengan layarnya, Nova 3i 6.3 inci beresolusi FHD+ 1080 x 2340 piksel dan iPhone X 5.8 inci 1125 x 2436 piksel. Keduanya sama-sama memiliki rasio layar 19.5:9.

Di Indonesia iPhone X punya dua pilihan warna, yakni Space Gray dan Silver. Warna Nova 3i juga dua yaitu Black dan Iris Purple. Jika dilihat, nyatanya warna Iris Purple lebih menarik perhatian dibanding kedua warna iPhone X. Perpaduan warna gradasi antara biru dan ungu ini sukses menambah kesan cantik dan elegan seperti suksesor sebelumnya, Huawei P20 Pro.

Di bagian belakangnya, kedua smartphone sama-sama mengadopsi modul dual-camera vertikal dengan satu LED flash. Terdapat juga sensor fingerprint di Huawei Nova 3i yang bisa dibilang cukup cepat, sedangkan iPhone sudah menghilangkan sensor ini dan menggantinya dengan Face ID.

Beralih ke bagian depan, baik iPhone X maupun Nova 3i sama-sama dibekali poni di atas layar, namun poni di iPhone sedikit lebih lebar. Khusus untuk pengguna yang tidak suka poni, Huawei menawarkan fitur hide notch yang bisa membuat poni seolah-olah menghilang.

Kamera

Di sektor fotografi, iPhone X punya dua lensa utama 12 MP f/1.8 dilengkapi OIS dan lensa telephoto 2x zoom 12 MP f/2.4. Sedangkan untuk Huawei, ada empat buah lensa di Nova 3i, dua kamera utama 16 MP + 2 MP dan dua kamera selfie beresolusi 24 MP + 2 MP.

Dari review yang pernah kami bahas sebelumnya karakteristik kamera iPhone X masih belum berubah dari para pendahulunya. Hasil-hasil jepretannya hampir selalu natural dengan warna yang akurat. Performa low light-nya impresif, apalagi kalau siang hari atau saat banyak cahaya.

Namun kamera iPhone X belum didukung oleh artificial intelligence. Sedangkan untuk Huawei Nova 3i sudah dilengkapi dengan AI yang mampu mengenali 22 kategori dengan 500 lebih scene berbeda. Dengan begitu, pengguna akan mendapatkan foto dengan warna yang lebih “cetar” saat memotret dengan smartphone ini.

Selain itu, seperti biasa Huawei juga menyediakan begitu banyak mode pemotretan. Yang paling menarik tentu adalah mode light panting yang menjadi ciri khasnya. Dengan begitu kita bisa bermain-main dengan cahaya saat malam hari.

Namun jika kalian sering merekam video menggunakan smartphone, harus diakui kamera iPhone X lebih superior. Ya, ini memang sudah jadi keunggulan iPhone yang bahkan masih sulit dikalahkan oleh flagship Android sekalipun.

Software

Seperti yang diketahui, Huawei Nova 3i membawa sistem operasi EMUI 8.2 berbasis Android 8.1 Oreo. Sedangkan iPhone hadir dengan iOS 11.1 yang sudah bisa diupgrade iOS 12. Fitur-fitur yang dimiliki keduanya pun beragam.

Untuk sistem navigasinya, iPhone menggunakan system gesture saja karena sudah meninggalkan tombol-tombol. Sedangkan Nova 3i punya tiga pilihan, tombol navigasi normal, single key dan navigation dock.

Pada bagian App drawer, jika iPhone menarus semua aplikasi di halaman home screen, Huawei sedikit lebih baik karena menyediakan dua pilihan, bisa menaruh semua sekaligus atau menggunakan App Drawer. Pengaturan tersebut bisa ditemukan di menu setting.

Di Huawei Nova 3i juga lebih unggul karena memiliki tiga sistem penghematan baterai, seperti Power saving mode, ultra power saving mode dan auto screen resolution. Lalu ada juga fitur Game Acceleration yang akan otomatis membuat performa smartphone dalam keadaan maksimal saat bermain game.

Hardware

Beralih ke jeroannya, iPhone X yang diluncurkan tahun lalu dibekali chipset Apple A11 Bionic hexa-core dengan konfigurasi 2x Monsoon + 4x Mistral yang dipadu pengolah grafis Apple GPU. Untuk RAM dan memori interalnya sendiri 3 GB dan 64 GB/256 GB.

Lalu untuk Huawei Nova 3i sudah menggunakan prosesor terbaru buatan Kirin, yakni Kirin 710 octa-core 4×2.2 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53 dan GPU Mali-G51 MP4. Meski digolongkan sebagai smartphone mid-range, Nova 3i punya RAM 4 GB dan memori internal jumbo 128 GB serta dukungan MicroSD hingga 512 GB.

Ketika diuji bermain beberapa judul, baik iPhone X maupun Nova 3i mampu menjalankan beragam game kelas mengenah hingga kelas atas dengan lancar. Meski begitu, tetap lebih smooth saat main game di iPhone X.

Seperti yang kita tahu, selain hardware iPhone X tergolong flagship, para pengembang game juga memang lebih optimal dalam mengembangkan game untuk iPhone. Ini dikarenakan varian iPhone yang sedikit, tidak seperti Android yang begitu banyak serinya sehingga optimasinya tidak sebaik iPhone.

Harga dan Ketersediaan

Di Indonesia kedua smartphone ini sudah dijual resmi di berbagai toko online dan offline. Tentu saja perbandingan harga keduanya sangat jomplang, bagaikan bumi dan langit. Ya, harga resmi iPhone X dibanderol mulai Rp14,7 juta, sedangkan Huawei Nova 3i mulai Rp3,6 juta.

Comments

Populer